Kepala Bayi Peyang Apa dan mengapa ?



flat head syndrom /mymommyology.blogspot.com

Memiliki bayi yang baru lahir menjadi suatu pengalaman yang mendebarkan bagi banyak keluarga muda mulai dari cara perawatan nya sampai berbagai macam mitos -mitos menyangkut ibu dan bayi .
Di artikel kali ini saya ingin membahas mengenai bentuk kepala bayi yang dalam bahasa inggris di sebut flat head syndrom  atau berkepala peyang

bayi berkepala peyang bisa di sebabkan oleh posisi tidur si bayi terlalu lama berada pada posisi kepala miring ke kiri atau ke kanan saja saat tidur. Selain karena posisi tidur, kepala peyang pada bayi juga disebabkan oleh beberapa penyebab, yaitu:

Craniosynostosis  yang merupakan sebuah keadaan medis dimana pembentukan tulang tengkorak kepala pada bayi terbentuk secara prematur. Hal tersebut menyebabkan terjadinya ketidaknormalan pada bentuk tulang tengkorak kepala. Yang paling parah peyang yang disebabkan oleh Craniosynostosis dapat menyebabkan terjadinya penekanan pada otak bayi anda sehingga harus segera ditangani.

Tidur terlentang, meski baik untuk mencegah SIDS, tidur terlentang yang dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan perubahan bentuk pada kepala bayi. Untuk itu sering-seringlah melakukan tummy time saat bayi anda bangun, untuk mengurangi frekuensi tidur terlentang pada bayi anda. Terlalu sering tidur dalam gendongan, juga bisa menjadi penyebab berubahnya bentuk kepala bayi. Untuk meminimalisir efek gendongan pada kepala bayi anda, renggangkan ikatan gendongan bayi anda agar tidak terlalu kencang mengikat. Sering-seringlah mengubah posisi gendongan anda, agar tidak terlalu lama pada posisi yang sama.

Pada bayi prematur, tulang tengkorak kepalanya belum berkembang dengan sempurna. Oleh sebab itu resiko terjadinya ketidaknormalan pada kepala lebih besar bisa terjadi.

Ciri-ciri bayi yang memiliki kepala peyang yaitu:

- Saat berada pada posisi tidur, kepala bayi lebih sering hanya menghadap pada satu sisi.

- Bayi terasa sulit merubah arah letak kepalanya, atau melihat kearah yang lain dari arah sebelumnya.

- Memiliki wajah berbentuk bulat, namun bagian belakang kepala terlihat rata.

- Memiliki ukuran kedua mata atau telinga yang berbeda.

Langkah-langkah untuk mencegah peyang pada kepala bayi anda :

- Hindari posisi tidur bayi hanya menghadap pada satu sisi saja.  Perlu anda ketahui bahwa bayi cenderung akan melihat kearah dimana anda atau pengasuhnya datang, ia akan melihat kearah pintu tempat anda masuk. Oleh sebab itu mengganti posisi tempat tidur bayi anda akan membantunya mengubah arah pandangan dari satu sisi kepala ke sisi lainnya.

- Melakukan tummy time juga berguna untuk menjaga agar kepala bayi tak selalu berada pada posisi terlentang. Batasi bayi anda berada dalam posisi duduk kecuali ia benar-benar sudah mampu mengangkat kepalanya sendiri.

- Latihlah bayi anda untuk terbiasa mengubah-ubah posisi hadap kepalanya saat terlentang dengan menarik perhatiannya menggunakan mainan atau gerakan anda. Jika cara tersebut belum bisa memperbaiki bentuk kepala si kecil, segera hubungi ahli fisioterapi anak anda, untuk penanganan lebih lanjut.

- Variasikan posisi berbaring bayi Anda di atas buaian atau saat popoknya sedang digantikan baju  atau popok sehingga ia menggerakkan kepalanya ke lain arah.

- Pada saat sedang menyusui, gunakan lengan kiri dan kanan yang Anda secara bergantian untuk menyanggah kepalanya

- Pastikan Anda sesekali menengkurapkan bayi agar kepalanya tidak terlalu lama tertekan. Dalam 8 minggu pertama, bayi harus ditidurkan diatas perutnya minimal 5 menit dalam sehari. Setelah melewati masa tersebut, sesinya ditambah menjadi tiga sesi per hari yang berdurasi masing-masing 5 menit.

- Kalau bayi Anda rewel saat ditengkurapkan, berbaringlah di dekat mereka, tengkurapkan diatas dada Anda.

Selain yang disebabkan oleh Craniosynostosis, peyang memang tidak berpengaruh terhadap otak bayi anda, namun sangat berpengaruh pada penampilan fisik bayi anda kelak. Jadi sebelum terlambat lakukan pencegahan dan penanganan pada bayi anda sedini mungkin.



sumber

0 Response to "Kepala Bayi Peyang Apa dan mengapa ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel