Silencer / Peredam Senjata bagaimana dia bekerja ?

shares


Anda pasti pernah menyaksikan sebuah film Aksi dimana ada adegan seorang Pria berpakaian hitam -hitam berkelebat di antara remangnya malam menuju sebuah target kemudian mengeluarkan pistol dan memasangkan benda berbentuk silinder di depan moncong pistol tersebut kemudian sekonyong -konyong terdengar letupan suara pistol tersebut "tufhht" dan tau tau si target telah tergeletak bersimbah darah di kepalanya .
ilustrasi /howstuffworks.com

Yups itu adalah sebuah Peredam Suara yang di gunakan untuk meminimalkan suara letupan pistol ,lalu bagaimana cara kerjanya ?

balon /picstopin.com


Bayangkan Sebuah Balon

Balon yang ditusuk benda tajam seperti peniti tentu akan mengeluarkan Suara ledakan yang keras dan akan jadi berbeda jika balon tersebut kita buka ikatannya dan membiarkan udaranya keluar perlahan maka suaranya akan pelan sekali "pstttt "  seperti suara orang buang angin istilahnya

Proses ini lah yang jadi dasar di balik pembuatan peredam senjata. Untuk menembakkan peluru dari senapan, bubuk-bubuk senapan terbakar di belakang peluru sehingga menciptakan dentuman gas panas yang keras.

Tekanan dari gas mendorong peluru turun ke laras senapan. Ibarat kata ente lagi membuka sumbatan botol, "poop". Tekanan di belakang peluru sangat besar, 3000 pound per inci^2 (PSI) sehingga suara ledakannya sangat keras seperti suara yang timbul ketika melepaskan sumbatan botol.
ilustrasi  / surplusstore.co.uk

Nah, sekarang coba kita liat peredam senjata di atas. Masangnya di ujung laras kan? Volumenya gimana gan? Lebih gede kan? Nah, pas peredam dipasang, gas yang tertekan di belakang peluru punya ruang lagi untuk mengembang. Ingat gak rumus tekanan gas saat SMA dulu...? Makin kecil ruangan makin besar tekanannya, tapi makin besar ruangan, makin kecil tekanannya



ilustrasi / www.diytrade.com

So, tekanan dan temperatur gas panas menurun drastis. Nah, pas peluru keluar dari lubang dalam peredam, tekanan yang terlepas jauh lebih rendah, mungkin 60 PSI (fantasti dari 3000 jadi 60 ) sehingga suara yang dihasilkan senapan bunyinya seperti suara buang angin

Tetapi , sebuah peluru yang berjalan dengan kecepatan supersonik tidak dapat diredam karena peluru menciptakan sendiri ledakan sonik . "Desinnnngggggggggggggggg" gitu bunyinya... Peredam cuma bisa menghilangkan suara dari lepasnya sumbatan, tetapi bukan suara desinnnggggggggggg'an peluru.



Dibawah ini juga ada sebuah video dengan  penjelasan lebih detail:




sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar