Jadi begini Tips Keramas di Luar Angkasa


Punya rambut indah adalah dambaan setiap wanita dan untuk mempunyai rambut yang indah tentu perlu banyak perawatan salah satunya adalah dengan keramas dengan teratur ,namun apa jadinya jika kita harus keramas dalam kondisi di Gravitasi mikro  ?

seperti di kutip dari kompas.com Astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali menunjukkan sisi unik, berbeda, sekaligus menyenangkan hidup di antariksa. Kali ini, astronot Kren Nyberg, perekayasa mekanik Ekspedisi 36 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, menunjukkan cara keramas di antariksa.

karen nyberg /flickr.com

"Saya mendapat banyak pertanyaan tentang bagaimana saya keramas di antariksa. Sekarang, biarkan saya tunjukkan kepada Anda," kata Nyberg dalam video yang diunggah di Youtube minggu lalu.

Nyberg menunjukkan bahwa dengan kondisi di antariksa yang berbeda, manusia pun perlu beradaptasi dengan cara keramasnya. Meski demikian, ia juga menunjukkan bahwa perbedaan cara keramas tak banyak. Alat dan bahannya masih sama, yakni air, sampo, handuk, dan sisir.

Air yang digunakan tentu tak berasal dari bak mandi atau shower, tetapi cuma dari kantong air dan berupa gumpalan. Untuk mulai keramas, Nyberg mengeluarkan gumpalan air dari kantong dan mengoleskannya ke kulit kepalanya.

Air tak bisa seketika membasahi rambut. Untuk itu, Nyberg perlu meratakannya dengan tangannya. Setelah rata dan merasa rambut cukup basah, barulah Nyberg memakaikan sampo ke kulit kepala dan mulai menggosok rambutnya. Dalam video, tak tampak ada busa seperti keramas di Bumi.

Nyberg juga mengatakan bahwa keramas di antariksa tak cukup menggosok dengan tangan. "Tanpa berdiri di bawah air mengalir, Anda perlu menggunakan handuk untuk membersihkan kotoran," katanya.

Setelah merasa rambut cukup bersih, Nyberg mulai lagi mengoleskan air ke rambutnya, kemudian mengeringkannya secara alami. Air yang tadinya berada di rambut Nyberg akan menguap dan selanjutnya berada di ruangan, berkontribusi pada kelembaban ruangan.

Yang hebat, air yang menguap itu selanjutnya akan diproses menjadi air minum. "Sistem AC kami akan mengoleksi air itu dan mengondensasikannya, dan sistem pengolahan air kami akan mengubahnya menjadi air minum," ungkapnya.

Video cara keramas Nyberg bisa dilihat di bawah. Dalam video, jika memperhatikan, akan tampak bahwa semua peralatan tertancap di permukaan ruangan ISS. Ini perlu. Jika diletakkan begitu saja, semua alat dan bahan bisa jadi akan melayang karena ISS berada di dalam kondisi gravitasi mikro.


simak videonya di bawah ini :



sumber

0 Response to "Jadi begini Tips Keramas di Luar Angkasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel