Menelisik Kode Chatt berdasarkan tradisi Masyarakat China

shares


Perkembangan sosial media di dunia maya dan berbagai macam gadget pendukungnya yaitu smartphone tak bisa di pisahkan dari perkembangan bahasa itu sendiri yang akhirnya terciptalah bahasa-bahasa atau akronim yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan oleh kita .

Akronim-akronim yang tercipta sebetulnya adalah untuk meminimalkan pengetikan seperti "IMHO" yang kepanjangan dari In my humble opinion ( menurut pendapat bijak saya)  ,kemudian "AFFAIK" As far as I know (sejauh yang saya tau) dan macam-macam lagi lainnya tapi yang uniknya di China ,masyarakat disana justru sudah melakukan  hal-hal ini dengan cara yang lebih hebat lagi menurut saya yaitu berkomunikasi menggunakan kode angka yang di tranformasikan menjadi bahasa kode  dan hal ini sudah menjadi tradisi bahkan sebelum ada internet sekalipun

Angka dan bahasa
Seperti di kutip dari yellowbrigde.com bahwa di China mengobrol dengan kode angka seperti ini sudah berlangsung lama terlebih lagi karena perkembangan teknologi komunikasi dan internet makin membuat penggunaam kode angka sebagai bahasa gaul jadi makin berkembang ,secara bahasa china tidak menggunakan abjad melainkan menggunakan akronim berdasar pada pinyin ejaan misalnya GG untuk kakak (gege) atau MM untuk adik (meimei)

Selain itu tradisi menghubungkan kata-kata tertentu dengan angka atau berdasarkan pada kesamaan bunyi contohnya seperti ini : misalnya angka delapan (8)  dianggap sebagai angka keberuntungan karena di ucapkan "ba" yang terdengar seperti kata "fa" yang berarti kemakmuran   atau sebaliknya pada angka empat (4) sebagai angka sial yang berbunyi "si" karena terdengar sama seperti kata kematian  "si"   .

Mengingat tradisi ini, seharusnya tidak mengejutkan bahwa sebenarnya ada sejumlah besar kode numerik yang ada. Sebagian besar kata-kata yang diwakili dengan angka yang memiliki suara yang sama atau setidaknya konsonan yang serupa. Satu pengecualian adalah angka yang digunakan untuk mewakili kata "Anda", angka 0. Meskipun kata China untuk nol tidak terdengar seperti seperti kata "Anda".

dibawah ini ada tabel  angka angka yang dapat membentuk kalimat jika di gabungkan contoh:
520 yang berbunyi  wu er ling dan mirip terdengar wo ai ni yang artinya = I love You dan untuk lebih jelasnya lihat di bawah ini :


  
sumber : yellowbridge.com

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar