Membuat Adaptor dari Power Supply Bekas

shares



Ternyata sebuah Power Supply Komputer yang sudah tidak terpakai masih bisa di manfaatkan menjadi sebuah Adaptor ,memangnya bisa ya ?  ya bisa bahkan caranyapun relatif sederhana
Sebuah power supply yang bagus, memiliki efisiensi tinggi dan memiliki perlindungan (proteksi) terhadap hubung singkat (korsleting) dan arus yang tinggi (25-40 Ampere) dapat anda temukan di toko-toko elektronik dengan harga yang bisa dibilang mahal namun dengan memanfaatkan power supply bekas PC yang tidak terpakai, dengan catatan power supply tersebut kondisinya masih 80% bisa ON, bisa kita ubah menjadi power supply desktop atau adaptor untuk keperluan multifungsi dengan tegangan 12V, 5V, 3.3 V, -5V dan -12V. daripada power supply PC nya nganggur mending dimanfaatkan aja

mari kita mulai membuat Adaptor dari  power supply bekas PC yang gak terpakai. lumayan buat keperluan multifungsi, buat charger batre, lampu senter dll asal tegangannya sesuai aja terutama untuk orang yang suka otak atik rangkaian elektronika pasti membutuhkan power supply adaptor

Sebelum ke pembuatannya, kita perlu tau dulu sekilas tentang power supply PC yang akan kita ubah. sebuah ATX power supply memiliki input jaringan listrik PLN rata-rata 220 volt dengan keluarannya berupa tegangan yang bervariasi yang dilewatkan oleh sebuah konektor ATX.



Ok sekarang ke tahap pembuatannya ada baiknya anda siapkan bahan-bahan yang diperlukan :

1.Jack banana
penamanaan ini berbeda-beda kalo di tempat ane namanya sih jack banana fungsinya sebagai konektor output untuk disambungkan ke beban. ok apapun itu namanya bentuknnya kira-kira seperti ini:


2.Switch atau saklar. 
fungsinya untuk On/Off. disini ada dua switch, yang besar dan yang kecil. switch yang besar untuk saklar yang terhubung dengan jaringan PLN, sedangkan saklar yang kecil dihubungkan dengan kabel “POWER ON” power supply yang warna hijau terhadap ground (kabel warna hitam).



3.Tubing bakar. 
tubing ini berbentuk pipa yang berbahan seperti karet dengan variasi warna yang berbeda. tubing ini berfungsi selain sebagai isolator juga melindungi kabel sambungan sehingga nantinya akan terlihat rapi. penggunaannya, tubing ini dimasukan kedalam kabel sambungan yang akan dilindungi kemudian dibakar sesaat sampai karet tubing mengkerut dan menguatkan sambungan antara dua kabel.


4.Resistor 11 ohm 5 Watt 2 buah. 
resistor ini berfungsi sebagai beban. karena power supply ATX adalah tipe power supply jenis switching. maka jika dalam keadaan ON tanpa beban, power supply nya lama-lama akan cepat rusak. 2 buah resistor ini nantinya dihubungkan secara paralel.



5.PCB titik atau PCB bolong. 
Untuk tempat pemasangan resistornya



6.Dioda LED 2 buah dengan beda warna.
berfungsi sebagai indikator power dari listrik PLN dan power dari jalur “ON” power supply



oke setelah semua bahan disiapkan mari kita masuk ke pembuatannya:

Potong semua kabel dan pisahkan dari semua konektor/socket ATX nya





 Coba pasang switching yang besar di bagian lubang yang asalnya tempat kabel output nya. pas tidak?





 Selanjutnya membuat lubang untuk switching yang kecil dan konektor outputnya. tandai 7 lubang dengan ukuran yang sama dengan spidol.



 Setelah ditandai, selanjutnya tanda titik tersebut di bor untuk membuat lubang. ukuran lubang jack banana sekitar 10mm. agar hasil pelubangan terlihat rapi nantinya, gunakan mata bor yang kecil dulu kemudian dilanjutkan bor lagi dengan mata bor 10mm





Setelah dilubangi, pasang jack banananya satu persatu, yang hitam nantinnya dihubungkan dengan ground (kabel hitam) dan jack banana yang merah adalah untuk tegangannya.


Ikuti skema dibawah untuk pemasangan dan instalasi pengkabelannya. ingat, yang dihubungkan ke resistor adalah kabel dengan tegangannya 5 Volt saja. sisanya langsung dihubungkan dengan jack banana yang lain.


Pasang 2 buah resistor secara paralel pada PCB titik.




Selanjutnya pasang 2 buah LED pada lubang yang tersedia.





Setelah dirakit semua hasilnya kurang lebih seperti ini



jika semuanya berjalan dengan baik tanpa ada kesalahan, tinggal dipasangkan label saja





Demikianlah tutorial bagaimana cara membuat Adaptor dari Power Supply bekas

semoga bermanfaat


sumber

Related Posts

2 comments:

  1. Terimakasih atas amal kebaikan anda.
    Berharap saya bisa mencobanya

    BalasHapus