Mungkin Anda "mengidap" Trypophobia !!

shares



Pernah mendengar istilah Trypophobia ? hah serius kamu belum pernah dengar ? sama dong saya juga baru mendengar hari ini

jadi menurut Urban dictionary Trypophobia adalah ketakutan yang tidak irasional terhadap bentuk-bentuk rongga-rongga yang ada pada suatu benda tapi kenyataannya phobia seperti ini tidak ada didalam cakupan medis bahkan Wikipedia pun  tidak memiliki halaman yang didedikasikan untuk ketakutan terhadap rongga-rongga ini

Popular Science kemudian melakukan menyelidiki atas fenomena ini dan menurut Martin Antony rasa takut dan jijik sering berjalan beriringan hampir semua hal yang membangkitkan reaksi rasa jijik atas laba-laba, tikus, darah,muntah dan lainnya bisa menjadi memicu ketakutan atas rasa sakit.

Dan ketakutan yang sama dapat berlaku untuk lubang-lubang kecil, terutama di benda-benda alam di mana mereka tampaknya diluar kewajaran dari bentuknya. Saya menduga bahwa kita muak dengan benda bopeng karena mereka tidak terlihat cukup "benar", yang kemudian bermanifestasi menjadi rasa  jijik.

Tapi sekali lagi, rasa takut terhadap bentuk -bentuk asimetri pada beberapa orang dengan gangguan obsesif-kompulsif tidak terkait dengan jijik, Antony mengatakan mungkin lubang, terutama di obyek organik, dengan sadar mengingatkan kita pada gejala penyakit menular yang mempengaruhi kulit, seperti ruam atau melepuh yang berhubungan dengan campak dan cacar air. Semua ini, tentu saja, adalah spekulasi, dan hanya untuk menunjukkan betapa sedikitnya yang kita tahu tentang trypophobia.

ok kalau begitu sekarang saya tes apakah anda termasuk orang yang jijik terhadap gambar-gambar di bawah ini ?

kalau iya mungkin anda "mengidap" Trypophobia


Sarang lebah




Biji Lotus




Kondensasi



Biji Opium



Bunga Karang

 


 Jamur


 Buih Air


 Pohon Burung pelatuk


 Belewah


Kodok Suriname




dan Video ini juga bisa anda tonton dan  bagikan :





bagaimana sudah ditonton  kah ?

kalau sudah dan anda tak merasa jijik berarti anda tidak "mengidap" Trypophobia  dan artikel ini hanya ingin membagi pengetahuan saja kepada anda -anda semua


sumber







Related Posts

33 comments:

  1. Jijik sekali dg gambar diatas .__.

    BalasHapus
  2. dan... saya m erinding liat gambar2 itu. :D

    BalasHapus
  3. gatel2 badan nih liat gambar di atas... hiiiiyyyy..

    BalasHapus
  4. Gua cuman klo rongga"nya di kulit

    BalasHapus
  5. Ih jijik pengen gw jilat rasanya

    BalasHapus
  6. Merinding,jijik sampe gemetetan. Astagfirillah

    BalasHapus
  7. Pas pertama kali liat sih geli tp lama2 biasa aja hihi. Klo kyk gitu gak menderita trypophobia kan??

    BalasHapus
  8. Mual ngeliatnya, brasa kaya mo muntah.

    BalasHapus
  9. pertama liat langsung merinding bgt...

    BalasHapus
  10. Jijik dibagian katak ny aja karena gk suka binatang katak. Termasuk trypophobia juga kh?

    BalasHapus
  11. gue gak jijik, cuma pengen pegang ,,

    BalasHapus
  12. Jijik merinding bulu di tangan kaki,, tetapi tudak sampai mual atau pusing

    BalasHapus
  13. wah saya trypophobia kayanya.. kamvret liat gambar kaya g2 aja udah ih.. saya gk lebay loh,,tp bener jijik kesel, pngen cakar2..

    BalasHapus
  14. Jijik liat gambar kodok suriname

    BalasHapus
  15. Kalo lubang itu diedit ketangab orang saya jijik, tapi kalo kaya gambar diatas saya masih biasa aja

    BalasHapus
  16. Biasa aja liat gituan malah katakny lucu bertelur lgi

    BalasHapus
  17. saya setuju,,kalo rongga"nya di edit ke tubuh manusia,, saya ngerasa takut gemeteran bahkan gelisah sekali,,
    Apakah itu disebut trypophobia juga?

    BalasHapus
  18. Klo yg d atas biasa, tpi klo liat yg d tubuh manusia, merinding ngeri ngeliatny....klo sperti tu ap sya termsuk trypopobia???

    BalasHapus
  19. Kesimpulan sementara, saya bukan tipe orang seperti yang dimaksud oleh artikel ini.
    Terimakasih wawasannya teman.
    Salam santun....
    menang BERSAMA
    Hidup Adalah Perjuangan

    BalasHapus