Capung Ciptaan Tuhan yang luar Biasa Indah


Capung serangga ciptaan Tuhan yang luar biasa indah meski bagi kita yang tinggal di perkotaan sudah sulit untuk menemukan Capung  kalau dulu ketika saya masih kecil di tahun 90an  masih mudah menemukan Capung  .

Meskipun Capung adalah serangga yang sederhana namun ia telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak insinyur penerbangan .lalu dimana menariknya ?


Capung mampu melakukan  manuver yang luar biasa gesit, termasuk terbang mundur dan ke samping. Mereka juga termasuk dalam beberapa spesies serangga yang dapat terbang dengan lebih dari 30 mph (50 km / jam).  capung memiliki  dua pasang sayap yang panjang, sayap yang mengepak dengan indah hingga 30 kali per detik.

Untuk alasan seperti inilah, maka banyak  insinyur yang  mencari cara untuk meniru kemampuan penerbangan mereka.


Kendaraan udara Mikro yang mengepak 
Kini kita sudah memiliki pesawat terbang dan helikopter, lalu mengapa kita merasa perlu mencari cara lain untuk terbang?
Jawabannya sederhana. bahwa gerakan mengepakkan dari Capung punya potensi untuk dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik di banyak tugas-tugas khusus  termasuk melakukan pencarian dan penyelamatan, pemantauan lalu lintas, dan pengintaian.

Meskipun banyak  insinyur dapat membangun miniatur helikopter ternyata  masih kurang maksimal di bandingkan  gerakan mengepakkan dari capung yang tentu saja  memiliki keuntungan besar. Dibandingkan dengan sebuah helikopter mini gerakan  seekor capung lebih tenang dan lebih efisien. bahkan jika bisa di buat robot Capung yang kecil yang dapat disamarkan agar terlihat seperti serangga, yang mengapa pihak militer turut  menginvestasikan jutaan dolar dalam perkembangannya robot capung ini.

melihat manfaatnya  yang begitu substansial, tentu memiliki tantangan teknis juga agar kita bisa mereplikanya. Capung  mengepakkan sayapnya  lebih rumit daripada seekor burung (meskipun Kolibri memiliki beberapa kesamaan). Selama mengepakkan, burung tidak memutar sayap mereka lebih banyak, tapi capung melakukannya.

Bayangkan seperti ini: rentangkan tangan mu dan kemudian   mengepaklah naik dan turun. dimana hal tersebut adalah  dasar yang  semua burung harus dilakukan. sedangkan Capung melakukannya lebih dari itu , saat mengepakkan, memiringkan sisi tangan ke samping. Memutarnya  membentuk pusaran (angin puyuh kecil) yang menciptakan gaya angkat yang tinggi pada sayap, yang diperlukan untuk menjaga capung tetap melayang di ketinggian

Memecahkan teknologi terbang Capung

Tidak seperti pesawat, capung memiliki sayap fleksibel. Dan tidak juga seperti burung, mereka memiliki dua pasang sayap. Kedua pasang sayap yang mengepak dengan putaran kecil dalam urutan yang berbeda, menciptakan gerakan yang unik, gerakan efisien yang insinyur aerodinamis mencoba untuk meniru itu.

Insinyur telah mengembangkan cara-cara cerdas untuk mensimulasikan semacam simultan mengepakkan dan memutar menggunakan instrumen presisi dan motor. Namun, mereka masih berjuang untuk mencapai efisiensi dan keandalan capung.

Stuart Burgess seorang Profesor Mesin  telah memimpin sebuah tim peneliti untuk membangun sebuah MAV( kendaraan Udara  Mikro)  dalam program penelitian utama di Inggris  .dia mempelajari capung menggunakan kamera berkecepatan tinggi dan kemudian menyalin gerak sayap mereka secara rinci. Itu adalah pengalaman yang benar-benar dengan usaha penuh untuk memahami desain sangat rumit dan tepat dari capung.

Sebuah prototipe dari MAV telah dirancang dan diuji di Universitas Bristol oleh penulis  Stuart Burgess. Beratnya kurang dari 1 ons (20 g), yang kecil dari sebiji kacang dan lebih besar  dari kepala peniti. Merakit komponen kecil ini memerlukan peralatan khusus, seperti kacamata pembesar dan pinset yang presisi.

Sayap memiliki rentang panjang sekitar 6 inci (15 cm) dan dapat mengepakkan hingga 10 denyut per detik. Didukung oleh baterai ponsel, sayap bisa mengepakkan selama sekitar 5 menit.



Menurut gagasan evolusi, capung adalah makhluk "primitif". Namun desain yang luar biasa Capung  sampai hari ini masih membuat bingung  insinyur terbaik di dunia, yang belum mampu untuk menterjemahkan teknologi  lanjutan dari capung kedalam design penerbangan . Desain luar biasa dari capung mengungkapkan kreativitas yang menakjubkan dan kebijaksanaan Sang Pencipta, yang telah menciptakan  Capung sebagai mahakarya yang luar biasa.


sumber

2 Responses to "Capung Ciptaan Tuhan yang luar Biasa Indah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel