Tornado Oklahoma 600 kali lebih kuat dari ledakan Nuklir Hiroshima

shares


Sebuah Video yang direkam seseorang dari tempat parkirnya di Oklahoma  pada hari Senin menunjukkan detik detik ketika badai tornado  mematikan itu  terbentuk menjadi pusaran yang sangat mematikan .

Pria itu, yang diidentifikasi di YouTube sebagai Charles Cook mengatakan bahwa ia memfilmkan kejadian tersebut hampir enam menit di Newcastle, Oklahoma dan menangkap pula menit menit di mana Awan badai tersebut terbentuk menjadi tornado yang ganas .






Dengan menggunakan pengukuran real time untuk menghitung energi yang dilepaskan Badai tornado tersebut yang masa hidupnya "hanya" 40 menit badai, ahli meteorologi memperkirakan tornado tersebut memiliki kekuatan yang delapan sampai 600 kali kekuatan bom yang meratakan kota Jepang selama Perang Dunia II,dan penghancuran yang lebih dahsyat.

cook menulis sedikit keterangan pada video yang dia unggah tersebut "Lahirnya 20 Mei 2013 tornado ,Pindah dari sana menuju  Moore di mana ia berubah menjadi F4. Tuhan bersama korbannya "

Mengingat fakta bahwa tornado dianggap memiliki jangkauan dengan lebar dua mil , maka tidak di perlukan waktu yang lama untuk tornado tersebut berpindah   dari Newcastle ke Moore dimana kedua kota tersebut hanya berjarak 10 mil .

salah seorang Anak Cook memposting video tersebut  di Reddit dan mengatakan bahwa ayahnya sedang dalam perjalanan pulang dari bekerja ketika ia melihat badai dan 'hanya kebetulan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat'.


Cook sendiri sangat khawatir apakah tornado tersebut akan mengarah  pada dirinya dan mencari cara untuk berlindung  dan aksinya dalam mengambil video tersebut begitu gila-gilaan karena betapa dekatnya dia dengan Sang Tornado . Dia tergantung di sana, Luar biasa. "

Putra, yang diidentifikasi hanya dengan nama pengguna Reddit nya solvitNOW, melanjutkan untuk memuji ayahnya 'memiliki ketenangan tinggi ' dan begitu mendeterminasi.

How it works: The climate and physical attributes of the area contributed to the storm



Tornado sangat sulit untuk lacak pertumbuhannya,dalam meteorologi meskipun tornado ini memiliki lebar 1,3 mil dan panjang hingga 17 mil tetap tidak terlihat karena kecil


Jadi tornado tetap masih sulit di prediksi secara sains dan seakan menjadi misteri ,berbeda dengan badai tropis yang terbentuk di laut dimana tidak ada orang ,tornado justru terbentuk di daratan .



"Fenomena ini bisa sangat mematikan  dimana apa yang  anda berpikir menjadi sesuatu  bencana yang parah akan meminjamkan dirinya untuk memahami," kata Adam Houston, profesor meteorologi dari University of Nebraska, Lincoln. "Tapi kita berjuang menghadapi ketidakpastian yang melekat dari fenomena skala kecil. '

Tidak seperti badai biasa, yang bahkan seorang peramal cuaca dapat terbang melalui  pesawat dan memonitor dengan pelampung dan stasiun cuaca, tapi Tornado berbeda biasanya selama hari, tornado terbentuk dengan cepat dan biasanya berlangsung hanya beberapa menit.

Pada hari Senin, energi lembab datang dari Teluk Meksiko,  angin bergeser seperti aliran jet terjun dari Kanada. "Di mana mereka bertemu dan disitulah badai Moore dimulai," kata Brooks.

Dengan kuat badai ketiga memukul Moore dalam 14 tahun - dan mengikuti jalan yang sama kira-kira sebagai EF5 yang menewaskan 40 orang pada tahun 1999 dan EF4 yang melukai 45 orang lain pada tahun 2003 - beberapa orang bertanya-tanya mengapa hanya di Moore?

Ini adalah kombinasi geografis, meteorologi dan banyak nasib buruk, kata para ahli.

Jika Anda melihat sejarah iklim dari tornado bulan Mei ini, Anda akan melihat mereka berkumpul di suatu tempat, mungkin dengan lebar 100 mil , di pusat Oklahoma, kata Houston. Di situlah kondisi cuaca hangat, udara lembab dan angin yang bergeser dengan sangat kuat dibutuhkan untuk menggabungkan tornado, dan menjadi  keseimbangan yang tepat.

'Pusat Oklahoma adalah hot spot terjadinya Tornado  dan ada alasan yang baik untuk mengatakan itu, "kata Houston. "Ada kombinasi sempurna di mana aliran udara panas yang kuat, ketidakstabilan yang besar dan posisi khas secara  klimatologis menunjuk  pusat Oklahoma sebagi hot spot terjadinya tornado. '

dan juga  waktunya harus sempurna. Awal tahun ini, tidak ada udara lembab cukup hangat, tapi aliran udara panas lebih kuat. Kemudian, aliran udara panas menjadi lebih lemah tapi udara menjadi lembab dan hangat.
grapjoc


Beberapa ahli meteorologi menawarkan penjelasan yang sama untuk mengapa Kota di pinggiran Oklahoma  tampaknya terkena berulang kali oleh kerasnya tornado dan ini menjadi semacam  Nasib buruk.

Dari 60 EF5 tornado sejak tahun 1950, Oklahoma dan Alabama adalah daerah yang sering dilanda, masing-masing tujuh kali. dengan pusaran skala lima untuk lima negara bagian: Oklahoma, Alabama, Texas, Kansas, dan Iowa. Kurang dari 1 persen dari semua kejadian tornado diseluruh Amerika hanya sekitar 10 tahun, kata Brooks.

Amerika Serikat adalah tempat terbaik di bumi untuk pembentukan badai tornado berdasarkan geografinya, kata Markowski. Anda perlu sistem tekanan rendah turun dari Pegunungan Rocky bertabrakan dengan hangat udara lembab yang stabil datang ke utara dari Teluk Meksiko.

Para ilmuwan tahu bahan utama yang masuk ke tornado itu sangat menghancurkan. Tapi mereka berjuang untuk mencari tahu mengapa mereka berkembang dalam beberapa badai besar . Mereka juga masih mencoba untuk menentukan apa dampaknya,apakah ada, pemanasan global yang terjadi di tornado. Aliran udara panas dapat bergeser menyebabkan sejumlah catatan jumlah terjadinya tornado - atau jumlah yang sangat rendah dari mereka.

Penelitian awal, sebagian besar oleh Brooks, memprediksi bahwa ketika dunia menghangat, energi melembab - atau ketidakstabilan - akan meningkat, dan Amerika Serikat akan memiliki lebih banyak badai. Tetapi pada saat yang sama, yang dibutuhkan angin yang geser - perbedaan antara kecepatan dan arah angin pada ketinggian yang berbeda - mungkin akan menurun.

'Tornado mungkin hal yang paling sulit untuk dihubung ke perubahan iklim yang ekstrim apapun, "kata Ilmuwan iklim NASA Tony Del Genio.

"Karena kita masih tidak mengerti s faktor apa saja  yang diperlukan atas terbentuknya tornado. '

_________

Kalau Para Ahli saya masih bingung gimana terbentuknya bagaimana dengan kita yang Awam ini  !!


disadur dari :dailymail.co.uk

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar