Masihkah Kita Bisa Sebaik Ini di Jalan Raya?

shares




Apakah Anda termasuk orang-orang yang mulai mempertanyakan eksistensi kebaikan di muka bumi ini? Kalau kita menonton televisi atau mendengar cerita-cerita sahabat yang menyedihkan, mungkin rasanya kita bisa terharu karena masih ada kebaikan, atau bahkan terenyuh karena kebaikan sudah menjadi hal yang langka.


Baru-baru ini ada sebuah video yang diunggah di Youtube yang sepertinya telah menyentuh hati jutaan orang di dunia. Sejak penayangannya 25 April lalu, video ini sudah mengalami 3 juta kali tayang meski hanya menunjukkan suatu hal yang sederhana. Video tersebut hanya menayangkan kebaikan orang-orang di jalan raya Rusia.

Meski video ini disampaikan dengan sedikit tulisan Rusia dan tanpa banyak narasi, namun tayangan tersebut cukup jelas menyadarkan kita akan suatu hal yang sering kita lupakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam video ini, diambil dari sudut pandang kita yang berada di dalam mobil dan melihat orang-orang yang masih saling tolong menolong di jalan raya. Saling menyeberangkan mereka yang tua atau cacat, menyelamatkan hewan yang lewat, anak yang tersesat, mobil yang rusak dan sebagainya.

Ladies, jalanan yang padat kendaraan sudah menjadi bagian hidup kita di jaman sekarang ini. Kemacetan, kesibukan, kecelakaan, semakin lama menjadi hal yang nampak biasa bagi kita. Namun tak dapat dipungkiri, hal itu seringkali memusingkan dan membuat kita jadi begitu protektif pada kepentingan sendiri-sendiri dan melupakan kebaikan untuk orang lain.

Sudah semakin banyak orang yang bisa membawa kendaraan, namun belum banyak yang memahami ada tanggung jawab untuk berada di jalan raya. Sekalipun Anda pengendara, sekalipun Anda pejalan kaki. Bila orang sering berkata bahwa kehidupan di jalan raya itu mirip dengan kehidupan manusia di dunia nyata, maka seharusnyalah kita juga masih menempatkan kemanusiaan dan kebaikan saat menempuh segala keadaan di sana.



Kadang hidup ini bukan hanya tentang perjalanan Anda. Namun tentang berjalan beriringan dengan yang lain. Bahwa suatu ketika Anda harus mendadak menghentikan perjalanan dan misi Anda meski hanya untuk membantu perjalanan orang lain yang sedang menyeberang selama lima menit. Suatu ketika ada hal yang tak masuk akal yang mungkin bisa membuat Anda kesal dalam perjalanan Anda, namun sebenarnya dengan mengatasi hal itu dengan telaten dan tanpa emosi, Anda sudah memanfaatkan kesempatan untuk berbuat baik.

Jalanan di masa kini bagaikan kehidupan yang sibuk, dingin, nampak egois dan tak memberikan celah atau kesempatan. Bahkan bagi anak kecil, bahkan bagi hewan-hewan mungil. Berbagilah kebaikan meski hanya di jalan raya. Berbagilah kebaikan di manapun. Semoga video ini bisa membantu mengetuk hati kita, bahwa hidup ini mungkin milik kita sendiri, namun kebaikan itu lebih nikmat dan membahagiakan bila kita bagi. Semoga bermanfaat, Ladies.

sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar