Ya Tuhan.. Pesawat kita pake isolasi!!

shares

"Oh my God, they’re duct-taping our plane!!"
Itu bukan sandiwara radio . Tp umpatan kaget Brad Bisallion, seorang penumpang American Airlines Flight 1203 (Toronto to Dallas/Fort Worth), pas melihat dr jendela ternyata ada bagian mesin pesawat yg ditumpangi-nya telah diisolasi.


Kontroversi tsb banyak terjadi di seluruh dunia, karna oleh orang awam seperti kita pasti terasa horor ketika melihat pemandangan itu.
Tp dlm dunia penerbangan hal itu lumrah, karna isolasi yang dipake bukan isolasi biasa (duck tape) tp isolasi khusus namanya Speed Tape.



Speed Tape adalah pita perekat yg diciptakan khusus untuk industri penerbangan. Gunanya untuk melakukan perbaikan kecil (minor repair), yaitu menahan atau menyatukan komponen2 yang dirasa kurang kuat sampai perbaikan permanen dapat dilakukan.

Produk ini terbuat dari alumunium yang telah didesain sangat kuat (extremely durable) dengan standarisasi dari otoritas penerbangan.
Ketika pesawat terbang dengan ketinggian sangat tinggi dan dlm kondisi yang sangat dingin "isolasi" ini akan sedikit menyusut tanpa mengurangi kerekatannya, dan berlaku sebaliknya bila dalam kondisi sangat panas seperti dalam penerbangan di cuaca tropis "isolasi" ini akan sedikit melar tanpa terlepas.

Speed Tape awalnya dibuat untuk keperluan militer, dan dalam perkembangannya "isolasi" ini akhirnya dapat juga digunakan utk penerbangan komersial dan pribadi, bahkan sering juga dipake dlm perlombaan balap mobil seperti Nascar dan Indy.

Dalam Perang Vietnam, baling2 (rotor blades) helikopter yang rusak (tertembak atw mo patah) pada diselotip sementara dengan Speed Tape ini lho.
Isolasi ini biasa disebut 600 mph tape, tp U.S. Air Force lebih terbiasa menyebut isolasi ini sebagai "thousand mile an hour" tape.

Berminat ? Harganya US$ 38.95 untuk yang lebarnya setengah inch dan panjang 60 yard (beli di Aviall, toko khusus peralatan aviasi di Amrik). Kalo di Indo blm tau dmn nyarinya..






















Ketika perbaikan dalam waktu singkat (emergency) dibutuhkan, Speed Tape yang memang sesuai dengan namanya itu akan beraksi!!

 Jadi kalo suatu waktu anda naik pesawat yg udah di"isolasi" ga usah terlalu kaget ya. Yg penting berdoa dulu sebelum pergi kemanapun.

 Sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar