Mual Saat Hamil ? lakukan 6 hal ini

shares

Sering mual dan muntah di awal kehamilan? Lakukan 6 hal ini untuk mengatasinya
Pada awal masa kehamilan, sebanyak 50-90 % ibu yang hamil mengalami mual dan muntah. Untuk yang sudah pernah atau sedang mengalami masa-masa ini, pasti rasanya mengganggu dan menyebalkan, ya? Mual dan muntah membuat tubuh jadi lemas dan kehilangan tenaga untuk beraktivitas. Padahal, cukup banyak juga ibu hamil yang masih bekerja. Gladis, tahukah kamu apa saja yang menyebabkan mual saat trimester awal kehamilan? 

Meningkatnya hormon estrogen membuat kadar asam lambung meningkat, nah dari situlah muncul rasa mual, terutama saat pagi hari dan perut ibu hamil dalam keadaan kosong. Faktor psikologis juga turut berperan dalam menimbulkan mual, karena biasanya ibu hamil muda belum siap untuk hamil sehingga belum mengerti apa saja yang seharusnya dilakukan, atau malah terlalu banyak pikiran dan ketakutan yang memicu mual itu datang. 

Kalau saat ini kamu sedang mengalami mual dan muntah, sebaiknya lakukan 6 hal di bawah ini yuk untuk mengurangi rasa mual di awal kehamilan : 

1.Awali Hari dengan Bersantai dan Minum Air Putih


Jangan buru-buru meninggalkan tempat tidur saat kamu baru bangun di pagi hari, sebaiknya bersantai dulu beberapa menit sambil meminum segelas air putih. Hal ini bisa bikin kamu bebas dari rasa mual yang seringkali datang di pagi hari. 

2.Sarapan Sebelum beraktivitas


sarapan itu tetap penting lho untuk ibu hamil, walaupun kebanyakan ibu hamil menjadi malas sarapan karena terasa mual. Sarapan bisa jadi sumber energi sebelum kamu memulai aktivitas, sarapan juga baik untuk membantu mengatasi mood swing yang sering dialami ibu hamil.  Pilih sarapan yang ringan saja kalau kamu memang malas sarapan, semangkuk sereal dengan susu lebih baik daripada nggak sarapan sama sekali. 

3.Makan dalam Jumlah Sedikit Tapi Sering


Pada trimester awal kehamilan, kamu mungkin akan kehilangan selera makan, dan perut yang kosng juga dapat menyebabkan mual. Cara mengatasinya adalah kamu sebaiknya makan dalam jumlah yang sedikit namun sering, agar perut selalu terisi. Kamu bisa mengonsumsi roti, biskuit gandum, salad, buah-buahan, sup sayuran, dll. 

4.Pilih Makanan yang Kaya Vitamin B6



Agar terhindar dari mual-mual yang menganggu, sebaiknya  memilih makanan yang banyak mengandung Vit B6 seperti jamur, hati, daging merah, gandum, kacang, ikan, pepaya, pisang, dll. 

5.Minum Cukup Air


Untuk mengurangi rasa mual, sebaiknya  sering-sering mengonsumsi air, bisa air putih, jus buah segar, atau rebusan air jahe hangat. Jika kamu masih sering muntah, air putih juga akan membantu tubuhmu agar terhindar dari dehidrasi setelah muntah. 

6.Istirahat dan Rileks


Saat merasa tubuh sudah lelah dan mual, sebaiknya hentikan kegiatanmu sesaat, dan berikan tubuhmu istirahat. Hirup udara segar, tidur-tiduran sebentar, atau mencium aromaterapi akan membuatmu rileks dan terhindar dari mual. 


sumber : gladis dot co

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar