Bandara ini memotong jalan raya sebagai lahan pendaratan

shares

Bandara Internasional Gibraltar adalah satu-satunya bandara besar di dunia (kelas A) yang dilintasi oleh jalan raya. Hal ini bisa terjadi karena faktor sejarah dan perkembangan ekonomi.
Gibraltar adalah sebuah wilayah kecil milik negara Inggris yang berbatasan dengan negara Spanyol. Gibraltar tepatnya adalah sebuah semenanjung kecil dengan luas hanya 6,8 kilometer persegi terletak di sebelah selatan Spanyol.

Gibraltar menjadi milik Inggris sejak abad ke-18 dan menjadi wilayah strategis Inggris sejak perang dunia ke 2. Inggris membangun bandara tersebut pada tahun 1939 untuk pesawat militernya. Lokasi pemilihan bandara berdekatan dengan perbatasan negara Spanyol karena wilayah itu semata-mata adalah wilayah yang paling datar untuk bisa dibangun bandara.
Seiring dengan berjalannya waktu, Gilbraltar berkembang menjadi sebuah kota yang besar. Untuk memenuhi kebutuhan warga kotanya, pemerintah setempat membangun jalan raya menuju Spanyol. Uniknya, jalan tersebut mau tidak mau harus memotong bandara Gilbraltar.

 ar.
Gilbraltar Airport Map

Kini jalan yang bernama Winston Churchill Avenue tersebut menjadi jalan satu-satunya ke negara Spanyol. Setiap kali pesawat akan mendarat atau lepas landas, jalan ini akan ditutup selama 10 menit. Pernah ada rencana untuk membangun terowongan, namun hingga kini rencana tersebut belum juga terlaksana.

Gibraltar Airport 2
Gibraltar Airport 3
Gibraltar Airport 4
Gibraltar Airport 5
Gibraltar Airport 6
Gibraltar Airport 7


sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar