Pesawat Luar Angkasa berbahan bakar Oksigen

shares



Tidak seperti yang terjadi dalam era  Perang Dingin dimana misi keluar angkasa sebagai sebuah perlombaan yang begitu kompetitif yang di lakukan setiap negara .Hari-hari ini, beberapa negara dan perusahaan revolusioner mencoba membangun bersama-sama Pesawat Ulang alik dan Stasiun Luar Angkasa  .

Salah satu negara tersebut adalah Inggris yang baru-baru ini didukung dengan mesin canggih yang dapat mengubah sebuah pesawat biasa menjadi  pesawat ruang angkasa yang luar biasa.


Mesin baru ini dikenal dengan moniker SABRE, yang merupakan singkatan dari Sinergis Air Breathing Rocket Engine.yang merupakan sebuah roket hibrida dan mesin jet yang dipilih oleh Parlemen Inggris untuk mendorpng Skylon ke ruang angkasa. Skylon adalah pesawat raksasa yang bisa berubah menjadi sebuah jet supersonik dan mampu membawa  muatan hingga 33.000 pounds menuju orbit.

Wahana antariksa yang menuju ke orbit membutuhkan sejumlah besar bahan bakar sehingga harus diluncurkan menggunakan roket. Tapi semua itu akan berubah seketika oleh teknologi dimiliki SABRE. pasalnya Mesin ini  akan menggunakan oksigen yang diambil dari udara sebagai bahan bakar, sehingga meminimalkan biaya yang di keluarkan dalam setiap peluncuran ke angkasa.

Insinyur dari Mesin Reaksi, pengembang SABRE, merancang mesin untuk menggabungkan hidrogen dengan oksigen yang dibutuhkan  setelah take-off. Setelah perubahan mesin ke mode roket, oksigen digunakan untuk mendorong pesawat ke ruang angkasa. Mesin SABRE melihat ini sebagai cara untuk secara signifikan mengurangi biaya peluncuran karena memungkinkan pesawat ruang angkasa untuk mendarat seperti pesawat biasa dan kemudian siap untuk misi lain dalam beberapa jam.



Seperti halnya teknologi baru, SABRE memiliki pasang surut, terutama ketika memperhitungkan jumlah udara yang perlu dikompresi dalam ruang bakar. Untungnya, insinyur Reaksi Mesin memiliki terobosan dan datang dengan desain yang mendinginkan udara yang masuk dalam seperseratus detik atau kurang. Perusahaan ini berhasil menunjukkan desain mereka ke Badan Antariksa Eropa tahun lalu, sehingga membuktikan kelangsungan hidupnya. Dan sekali teknologi menunjukkan hasil positif setelah 100 percobaan yang berhasil,dan akan dimasukkan ke dalam sistem pesawat Skylon .

Kerajaan Inggris telah mendorong Program ruang angkasa untuk tingkat yang baru dan dukungan tak tertandingi untuk mesin SABRE menunjukkan betapa seriusnya Parlemen mereka mengambil ini. Dan ini mungkin karena pola pikir masyarakat inggris yang ingin menjadi pelopor di mana masa depan akan ada energi alternatif yang dapat dibuat dan diperbaharukan.


Sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar