Jabuticaba pohon unik berbuah di batangnya

shares

 
Pernahkah anda melihat pohon yang berbuah di batangnya dan bukan di ranting nya ?
saya sendiri baru mengetahuinya saat ini


Seperti di kutip dari mobgenic.com jabuticaba adalah sebuah pohon unik yang mampu berbuah pada batangnya. Jabuticaba hanya tumbuh di Minas Gerais dan Sao Paulo, Brasil bagian Selatan. Penduduk setempat menjuluki Jabuticaba sebagai Anggur Brasil karena buahnya berbentuk seperti anggur, bisa dimakan segar, dapat dijadikan selai, jus, dan bahkan wine.


Sayangnya Anggur Brasil ini mudah busuk sehingga orang jarang melihatnya di pasar dalam bentuk segar, 3 sampai 4 hari setelah dipanen, buah ini akan mulai membusuk. Oleh karena itu penduduk setempat mengolahnya menjadi selai, minuman jus, dan wine.

Buah ini saat dalam bentuk bunga berwarna putih susu dan ketika masih mentah akan berwarna hijau muda, lalu ketika sudah masak berubah warna menjadi ungu tua berukuran 3 sampai 4 cm. Apabila dimakan, buah ini memiliki rasa manis dengan dagingnya yang berwarna putih kenyal.



Selain dapat dimakan, buah ini juga dapat dijadikan obat-obatan tradisional. Caranya buah dikeringkan dibawah sinar matahari lalu direbus. Hasil rebusannya dipercaya dapat mengobati batuk berdarah, asma, diare, dan radang tonsil.



Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa Anggur Brasil memiliki zat antioksidan, antiradang, dan bahan khusus antikanker yang dinamakan Jaboticabin.









sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar