4 hal yang di lakukan jika Listrik Padam

shares



ilustrasi

Saat anda sedang Asik-asik menggunakan Komputer untuk  cari Artikel lewat mesin pencari Google tiba-tiba Listrik Padam . Bagaimana perasaan Anda ? hehehe
mungkin anda akan merasa kesal ,marah ,bete  dan uring-uringan langsung deh segala umpatan keluar dari mulut yang di tujukan ke PLN selaku Perusahaan Listrik Negara

tapi sebelum sumpah serapah anda itu keluar dan saya pikir ga ada artinya sebaliknya anda melakukan hal-hal di bawah ini ,tapi sebelum anda  menelpon Contact center PLN 123 or via twitter @PLN123. , perhatikan dulu hal-hal sebagai berikut

1. Check Tetangga Sebelah 

ilustrasi /colortransformedfamily.com

ketika listrik padam, keluar rumah anda dan perhatikan atau tanya ke tetangga anda rumahnya mati listrik juga atau tidak. Kalo tetangga anda ikut padam, berarti gangguan bukan di instalasi rumah anda, atau bukan berhubungan dengan pemakaian listrik di rumah anda.

untuk mengatasi masalah ini silahkan telepon kantor PLN atau telepon 123 atau twitter @PLN123, mohon disiapkan ID Pelanggan rumah anda untuk memudahkan petugas PLN mencari rumah anda.

Dalam hal ini pihak PLN TIDAK akan mengetahui ada gangguan di sekitar rumah anda kalo anda tidak melapor.

2. Masalah di Sambungan Rumah ,Jaringan Tegangan Rendah atau Gardu

ilustrasi/panelsmaker.indonetwork.co.id


Kalo tetangga Anda Listriknya padam, dicek lagi apakah banyak yang padam sampai satu kompleks. Kalo cuma beberapa rumah yang padam, berarti ada gangguan di SR (sambungan rumah) atau di JTR (jaringan tegangan rendah) atau di gardu (salah satu pengaman gardu putus) atau trafo di gardu rusak.
untuk mengatasi masalah ini silahkan telepon kantor PLN atau telepon 123 atau twitter @PLN123, mohon disiapkan ID Pelanggan rumah anda untuk memudahkan petugas PLN mencari rumah anda.

Dalam hal ini pihak PLN TIDAK akan mengetahui ada gangguan di sekitar rumah anda kalo anda tidak melapor.


3.Masalah pada Gangguan Mendesak atau Sesaat

ilustrasi/metrotvnews

Kalo yang padam satu atau lebih perumahan di sekitar rumah anda atau malah satu kelurahan yang padam, berarti ada gangguan pada penyulang / feeder.

silahkan tunggu sampai 5 menit, biasanya pihak PLN akan mencoba menghidupkan SEKALI lagi, usaha tersebut ditandai dengan lampu menyala.
Jika langsung padam lagi, maka berarti ada gangguan penyulang. Sebenarnya jika TIDAK PERLU dilaporkan pun ke pihak PLN, pihak PLN tetap bisa mengetahuinya. Jika tetap tidak menyala, berarti ada dahan pohon, kerangka layang-layang, atau burung / kelelawar yang menempel dan menyebabkan GANGGUAN SESAAT.

Jika tidak ada usaha menghidupkan sekali lagi, berarti daerah Anda sengaja dipadamkan. Biasanya ada pekerjaan / pemadaman terencana seperti yang telah dipublikasikan di surat kabar atau radio lokal. Atau ada pekerjaan emergency / SANGAT MENDESAK seperti kabel yang terbakar, trafo mengeluarkan api, tiang hampir roboh, atau ada kebakaran di suatu daerah dan listrik ke arah tersebut harus segera dipadamkan.

anda bisa memeriksa dahulu di surat kabar, website PLN atau di Twitter, apakah sudah ada jadwal sebelumnya.
Jika memeriksa di Twitter, cari dengan hashtag pemadaman##YY dengan XX sebagai tanggal dan YY sebagai bulan (misalnya #pemadaman0102 artinya pemadaman di tanggal 1 bulan 2).


4.Check MCB

ilustrasi

Jika rumah tetangga anda tetap menyala dan hanya rumah anda sendiri yang padam, Periksa MCB (Mini Circuit Breaker) didalam rumah anda.

MCB didalam rumah biasanya merupakan pembagi saluran ke kamar-kamar atau ke ruangan-ruangan tertentu, untuk memudahkan pembagian beban dan penanganan gangguan instalasi bangunan. Jika salah satu padam, segera naikkan kembali, jika tidak bisa atau masih padam, maka ada gangguan instalasi di rumah anda, bisa berupa short circuit salah satu peralatan listrik, atau short circuit di instalasi rumah. SHORT CIRCUIT INSTALASI RUMAH BISA MENYEBABKAN KEBAKARAN DI RUMAH dan itu bahaya sekali

Jaringan instalasi rumah, bukan menjadi tanggungjawab PLN. Tanggung jawab PLN hanya sampai pembatas (MCB) dan kWhmeter


Jika MCB didalam rumah tidak turun, cek MCB milik PLN yang terpasang di dinding luar rumah agan. Jika turun / padam, berarti rumah agan OVERLOAD. agan bisa mengurangi pemakaian dan bisa dengan pengajuan penambahan daya ke PLN.

Jika agan merasa pemakaian listrik anda tidak banyak namun MCB PLN tetap turun, bisa jadi MCB PLN sudah lemah / tua. Anda bisa mengajukan penggantian MCB ini (GRATIS) disertai perhitungan beban di rumah anda.

4 Cara di atas bisa kita lakukan jika listrik kita padam disamping itu ada beberapa catatan yang perlu juga di perhatikan

Beberapa Catatan Penting

a. Biasakan mengingat atau menyimpan nomor ID Pelanggan agan, bisa di dompet, komputer, laptop atau di HP, karena jika padam, agan bisa segera menggunakannya untuk melaporkan gangguan. Disamping itu juga bisa digunakan untuk membayar rekening listrik jika ada ATM atau loket di dekat kita jika kita sedang berpergian.

b. Telepon Call Center 123 (atau [Koder Area] + 123 jika memakai HP), JANGAN menelepon nomor telepon apapun selain nomor 123.

c. Melaporkan gangguan dengan cara memaki petugas yang menerima telepon tidak menyelesaikan masalah. PLN tidak pernah sengaja memadamkan listrik tanpa alasan yang jelas, atau PLN merasa senang jika ada gangguan. Walau Anda memaki atau memarahi mereka, tidak serta merta listrik segera menyala.


d. Jika banyak gangguan yang terjadi, petugas PLN MEMPRIORITASKAN DAERAH YANG PALING BANYAK PADAM untuk segera diselesaikan terlebih dahulu, dibandingan dengan menyelesaikan satu atau dua pelanggan yang padam.

e. Jangan memberikan tips kepada petugas PLN.


f. Jika anda ingin bertanya tentang pasang baru, perubahan daya atau pelayanan yang lainnya, jangan tanya ke petugas gangguan atau pencatat meter, silahkan langsung datangi ke kantor PLN atau bisa melalui Call Center 123. Hal ini untuk menghindari kesalahan informasi atau anda diarahkan ke calo.
atau cek ke http://www.pln.co.id/
disini kita bisa cek tagihan listrik, penyambungan baru, penambahan daya atau penyambungan sementara. disini juga ada info lowongan kerja bagi agan yg minat gabung di PLN.



demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan

semoga bermanfaat buat kita semua

sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar