Tim Ekspedisi Inggris berhasil mencapai titik terdalam Gua Sistema Huautla di Mexico

shares





Sejumlah tim ekspedisi dari  Inggris  merayakan keberhasilan mereka setelah berhasil mencetak rekor mencapai titik kedalaman terendah di bumi yang pernah tercatat di Belahan bumi bagian  Barat. Chris Jewell, 31, menghabiskan tujuh minggu dengan kelompoknya menuruni gua Huautla Sistema di Meksiko, salah satu gua terdalam yang  paling terpencil yang pernah dicapai manusia didalam bumi.Terletak di pegunungan Sierra Mazatec,  gua huautla memiliki 17 pintu masuk dan ada banyak rute berbeda menuju ke pusat bumi.

ekspedisi ini bernama Jewell, yang terdiri dari 40 orang dari seluruh dunia, dimana mereka harus bisa  menyelam, berenang, mendaki dan turun melalui labirin terowongan yang gelap gulita.Mereka memiliki tugas melakukan navigasi yang melelahkan serta  menakutkan, yaitu masuk ke dalam jurang tanpa dasar berisi  air Pada satu tahap perenang harus masuk kedalam air dalam kegelapan sedalam 600 meter kemudian menyusuri sungai bawah tanah sedalam 28 meteran.




Mencatatkan rekor titik terdalam

Dan ironisnya Selama melakukan penyelaman ini, kelompok tersebut tidak memiliki pengetahuan tentang di mana mereka sedang menuju.Salah seorang anggota Tim bernama Jason Mallinson, dari Huddersfield, berhasil mencapai kedalaman 1.545 meter,ya dia mencapai posisi terdalam dari siapapun yang pernah melakukan ini dimana dalam sejarah gua tersebut adalah no 9 yang terdalam di belahan bumi bagian barat  

Tim jewel berhasil  mengalahkan rekor sebelumnya yaitu di kedalaman  1.484 meter yang berada di dekatnya yaitu di gua Cheve sementara rekor sebelumnya di Sistema Huautla adalah 1.475 meter.
Pengalaman seperti tentu sangat jauh dari aktifitas Chris Jewell sehari hari dimana dia tak punya skill sama sekali untuk hal tersebut sementara pekerjaannya sangat jauh berbeda yaitu  bekerja pada sebuah perusahan software dengan jabatan sebagai seorang konsultan di manchester



Untuk ekspedisi, Chris  cuti selama sembilan minggu dari kantornya .

Dia berkata: "Anda tidak tahu apa yang terjadi di depan Anda tapi kami menelusuri rute air ke ngarai yang tujuh mil jauhnya."Kami tahu di mana itu adalah pos tapi kami tidak tahu apa yang ada antara keduanya. Ini adalah sebuah eksplorasi yang benar benar riil dan itu benar-benar menarik."Tim ekspedisi  menghabiskan sampai sepuluh malam di bawah tanah pada suatu waktu, tidur di gua dan scuba diving di terowongan yang panjang .





Pengalaman Sekali seumur hidup

Dia menggambarkan bahwa ini menjadi pengalaman yang terjadi sekali dalam  hidupnya : 'Anda tidak merasakan tanah mendalam, tetapi Anda menyadari keterpencilan dan bahwa Anda mengalami dua hari tanpa sinar matahari.

"tempatnya sangat tenang dan juga menakutkan , tetapi juga sangat berisik karena arus sungai berarus deras."

Di bawah air pertama yang  terbesar adalah 600 meter dan panjang 28 meter sedangkan bawah air lainnya mencapai 440 meter dan panjang  81 meter.Anggota tim berasal dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Polandia dan Meksiko, bekerja tanpa lelah untuk mengangkut tali, peralatan berkemah dan peralatan selam atas dan ke bawah.Mereka telah mengatur jadwal sekitar tiga minggu untuk eksplorasi, sebelum menghabiskan empat minggu berikutnya memindahkan semua peralatan mereka.

Pertama, perenang gua harus berenang 600 meter di bawah air melalui dua terowongan air mencapai  perkemahan mereka.Mereka kemudian menghabiskan satu minggu menjelajahi 'bah 9' dan mencari cara untuk memotong terowongan air yang mewakili bagian akhir  dari sistem gua tersebut.di bah 9 mana Jason mencapai rekor, dimana selama ekspedisi  penjelajah melakukannya tanpa cahaya alami selama lebih dari sepuluh hari

ketika di total, mereka membawaperalatan seberat 500kg selama perjalanan, ketika mereka memulainya pada tanggal 28 Februari lalu.




Chris menambahkan: "Itu luarbiasa dalam dan sangat terpencil. Ini adalah tantangan dan petualangan dan itu sangat menuntut fisik.


'mencapai titik terdalaman bukan hal yang paling penting, yang lebih penting adalah kami  senang dan bersyukur bahwa ekspedisi yang kami lakukan ini berjalan dengan sukses.


sumber : dailymail

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar