Tianhe-2 Ancaman baru di Dunia Supercomputer

shares



Ketika mendengar kata Supercomputer apa yang ada di benakmu ? apa itu Supercomputer ? oh itu mungkin sebuah komputer dengan otak yang super canggih yang sanggup melakukan komputasi tingkat tinggi  ,hm ya bisa saja seperti itu kalau kita baca dari wikipedia Supercomputer itu adalah sebuah komputer tingkat dunia yang secara kapasitas memiliki proses yang handal terutama dalam hal perhitungan atau komputasi .

SEJARAH AWAL
Cray Research adalah Pioner dalam hal ini yang memulai proyeknya sejak tahun 1960 dan kemudian banyak negara berlomba lomba membuat Superkomputer sendiri  karena memang kegunaannya sangat banyak dan begitu krusial untuk berbagai pengembangan dari mulai sains sampai militer salah satu jawabannya adalah untuk penelitian dan pengetahuan. Contoh yang dapat dilihat adalah untuk simulasi proses alam dengan kendali komputer. Dengan superkomputer dapat diketahui bagaimana racun menyebar dalam tanah dan membutuhkan waktu hingga ia terurai. Kita juga dapat mengkalkulasi arus magnet dalam inti bumi, mensimulasi pembentukan galaksi, menampilkan apa yang terjadi saat supernova, atau bagaimana efek tembakan laser pada berbagai material (penting untuk penelitian dan pengembangan akselerator partikel seperti yang digunakan untuk menangani penyakit tumor).

Dengan superkomputer, efek inovasi obat-obatan juga dapat diteliti tanpa harus menyiksa hewan-hewan sebagai media percobaan. Bahkan, superkomputer mampu meramalkan kapan gempa bumi berikutnya yang akan terjadi di suatu belahan dunia dan area mana saja yang terkena dampaknya. Dan juga sekarang supercomputer banyak digunakan dalam penyelesaian masalah kompleks seperti fisika kuantum, peramalan cuaca, penelitian iklim, pemodelan molekul, dan simulasi percobaan fisika. Semua permasalahan di atas membutuhkan perhitungan yang cepat dan tepat sehingga penggunaan supercomputer sangatlah tepat jika dibandingkan dengan menggunakan komputer biasa (PC).




TIANHE-2
Baru baru ini  Universitas Nasional of Defense tecnologi di China berhasil membuat Superkomputer tercepat didunia bernama Tianhe-2 atau ada yang menyebutnya Milkyway-2 yang mampu melakukan komputasi secara kontinyu hingga 33.86 petaflop perdetik  yang artinya kecepatan komputasi mencapai 33.860 trilliun kalkulasi per detik bahkan nih dalam perhitungan 20 petaflop saja yang di lakukan suatu superkomputer jika dianalogikan dengan perhitungan kalkulasi manual yang di lakukan manusia memerlukan waktu perhitungan hingga 1000 tahun dan perlu 6 milyar manusia dengan menggunakan kalkulator ,luar biasa memang .



Di kutip dari  situs top500.org Tianhe-2  ini  dipersenjatai Prosesor besutan Israel dan Amerika yaitu Prosesor Intel Xeon Ivy Bridge 32000 multicore serta prosesor pendukung Xeon Phi 48000 berikut data jelasnya di bawah ini :

 
Seperti juga perlu kita ketahui bahwa bahwa akhirnya Superkomputer dari Amerika serikat yaitu Titan dan Sequila harus turun di peringkat kedua dan ketiga ,Titan sendiri "hanya" mampu melakukan komputasi 17.59 petaflop  per detik di ikuti Sequila dengan komputasi 17.17  petaflop per detik. Tianhe -2 merupakan pengembangan dari Tianhe-1 yang saat ini menduduki peringkat 10 di situs top500.org 


di olah dari berbagai sumber
wikipedia.org ,top500.org




Related Posts

0 comments:

Posting Komentar