Haswell Chip Prosesor terbaru dari Intel yang tahan lama

shares

Intel Haswell processor
gambar : pcworld.com



Berlin- Perusahaan prosesor Intel akan segera menghadirkan produk terbarunya yang dinamai Haswell, yang menawarkan 50 persen daya tahan baterai lebih lama di laptop dibandingkan prosesor sebelumnya Ivy Bridge, Intel mengumumkan pada Kamis, 23 Mei 2013.


Chip Haswell dirancang untuk laptop dan tablet dan fokus utamanya adalah menurunkan konsumsi daya baterai,” kata Rani Borkar, wakil presiden korporasi dan manajer umum Intel Architecture Group, dalam pertemuan media. Masa daya baterai yang lebih lama akan hadir jika didukung oleh tenaga kinerja yang kuat, menurut Borkar. Chip Haswell akan bekerja semakin lebih baik jika laptop dalam kondisi siaga atau diam, yang bisa memperpanjang daya tahan baterai hingga 20 kali, katanya.
Peluncuran prosesor dijadwalkan akan hadir pada pameran dagang Computex di Taipei bulan Juni 2013. Haswell mewakili suatu pembaruan set instruksi arsitektur Intel, yang dihadirkan setiap dua tahun. Intel telah memberitahukan penyempurnaan Haswell selama berbulan-bulan dan juga menyebutkan bahwa chip baru tersebut menawarkan dua kali lipat kinerja grafis untuk laptop dan sampai tiga kali lipat kinerja untuk desktop.

Tujuan lain dari Chip baru ini ialah menjembatani celah antara laptop dan tablet, dengan menawarkan daya baterai yang lebih lama dan pilihan pada layar sentuh yang dapat dilepas maupun melalui papan ketik. Pembuat PC diharapkan untuk menunjukkan apa yang sudah berhasil mereka capai bersama Haswell di Taiwan, termasuk perangkat hybrid dengan layar yang dapat dilepas atau dilipat kembali pada sebuah tablet.

Intel telah menyesuaikan beberapa chip Haswell untuk penggunaan tablet sebaik mungkin, dengan mengurangi konsumsi daya dari beberapa bagian sampai serendah 7 watt. »Konsumsi daya terendah prosesor sebelumnya seperti chip Ivy Bridge adalah 10 watt. Tablet dengan prosesor inti akan menawarkan daya tahan baterai mirip dengan baterai tablet non-Intel tetapi dengan kinerja lebih dari sekedar perangkat konten konsumsi,” kata Borkar.

Chip Haswell mencapai sebagian konsumsi daya rendah dari unit manajemen daya pada chip, yang menyediakan ‘bird’s eye view’ energi konsumsi pada chip. Hal ini secara dinamis dapat menyesuaikan konsumsi daya di berbagai bagian chip untuk mengurangi penggunaan listrik secara keseluruhan.
Regulator tegangan telah dikonsolidasikan, langkah lain untuk mengurangi konsumsi daya yang juga memungkinkan motherboard yang lebih kecil untuk chip Haswell sehingga Haswell dapat digunakan dalam perangkat yang lebih kecil. Intel mengatakan jenis memori yang ditanamkan disebut DRAM yang mengurangi biaya pembangunan perangkat.

Interkoneksi yang lebih cepat pada chip baru Intel juga mengurangi banyak penggunaan beberapa listrik, karena data yang ditransfer lebih cepat, yang berarti prosesor Core dapat menghabiskan lebih sedikit waktu bekerja.


sumber : yahoo.news

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar