Mau tau bagaimana Makanan Astronot ,yuk intip !

shares

Makanan para astronot di luar angkasa penting untuk menjaga stamina. Inilah yang menjadi tanggung jawab salah satu divisi Nasa yaitu Advanced Food Technology Project. Bukan hanya soal nutrisi tetapi makanan juga harus dikemas baik dan awet.



Seperti diungkap oleh io9 (31/01/2013), NASA membeberkan evolusi makanan dan kemasan yang terus berganti untuk mendukung konsumsi para astronot. Perkembangan kemasan terlihat mulai dari misi Mercury hingga Freeze Dried Food seperti berikut ini:


Space Food 

 1. Mercury dan Gemini
Dalam misi Mercury (1959-1963) dan Gemini (1965-1966), beberapa makanan padat dibentuk menjadi bentuk kubus ukuran sedang dan dikemas dalam plastik. Selain itu disajikan pula freeze dried powder dalam kemasan perak dan makanan semi cairan disajikan dalam kemasan seperti tube pasta gigi.




Space Food


 2. Apollo Program
Untuk misi Apollo (1968-1972) kemasan zip lock bag mulai digunakan untuk memudahkan para astronot menyimpan makanan yang tidak habis dimakan. Beberapa kemasan mempunyai dua zip lock dan sebuah selang untuk menyantap langsung. Makanan dalam misi ini lebih lembap sehingga terus merekat pada sendok.

 Space Food

 3. Skylab
Pada program Skylab (1972-1973) freezer dan kulkas mulai diperbolehkan masuk ke kapal. Hal ini membantu mengawetkan makanan dalam Skylab. Makanan disajikan dalam mangkuk plastik atau pun kaleng. Menu yang disajikan mulai bervariasi seperti produk daging dan es krim.


 Space Food

 4. Shuttle Food Tray
Shuttle food tray terdiri dari thermostabilized food, makanan dalam kemasan yang mikroorganisme dan enzimnya dimatikan untuk mencegah pembusukan. Selain itu terdapat makanan freeze-dried seperti macaroni and cheese dan makanan siap santap seperti kacang dan cokelat.



 Space Food

 5. Minuman
Selain makanan, berbagai macam minuman juga disediakan. Minuman disajikan dalam kantong minuman berwarna perak dengan sedotan khusus. Macam minuman yang sudah pernah disajikan seperti teh, air putih, sari grapefruit, dan kopi.


dan beberapa makanan yang lain seperti dibawah ini :

 Space Food

Space Food


Related Posts

0 comments:

Posting Komentar