Cinta Itu Saling Menguatkan Hati

shares

Cerita novel romantis paling populer di AS sepanjang satu dekade ini adalah buah karya pengarang bernama Nicholas Sparks. Saking larisnya buku novel Sparks, banyak sekali novelnya yang diadaptasikan untuk karya film.

Film berjudul Safe Haven merupakan proyek film terbaru yang diadaptasi dari novel Nicholas Sparks setelah ada film Dear John (2010), The Notebook (2004), dan A Walk to Remember (2002), yang sukses dan populer saat diangkat ke layar lebar.



Komunitas penduduk di sebuah kota kecil Southport di Carolina Utara tiba-tiba saja ramai membicarakan kedatangan seorang perempuan muda, cantik, namun amat misterius ke kota tersebut.

Nama perempuan tersebut kemudian diketahui, yaitu Katie Feldman (Julianne Hough). Rasa penasaran penduduk kota kecil tersebut muncul karena Katie selalu menolak memberitahukan asal muasalnya dan menceritakan riwayat dirinya di masa lalu.


Wajahnya yang cantik serta amat menarik perhatian lawan jenis membuat Katie selalu didekati banyak orang. Namun, Katie selalu menarik diri dari pergaulan, bahkan cenderung hidup soliter. Katie bahkan selalu menghindar dari jalinan persahabatan atau asmara yang menghampirinya.

si cantik Julianne Hough
Julianne Hough

Hanya dua sosok yang selalu berhubungan dengan Katie selama berdiam di Southport, yaitu seorang pria duda yang memiliki dua anak bernama Alex Wheatley (Josh Duhamel) dan tetangganya yang amat pendiam dan akrab dipanggil dengan nama Jo (Cobie Smulders).

Hubungan dengan Alex tak terhindarkan karena duda yang amat baik hati tersebut merupakan pemilik toko tempat Katie selalu belanja persediaan kebutuhan sehari-harinya di toko tersebut.

Karena seringnya bertemu dan tertarik dengan pesona Alex yang begitu mencintai anak-anaknya, yaitu Lexie (Mimi Kirkland) dan Josh (Noah Lomax), hati Katie mulai terbuka pada Alex dan keluarga kecilnya, dan ia bertekad untuk mulai bisa merasakan getaran cinta lagi.


Walau tak dimungkiri bahwa Katie amat mencintai Alex, Katie tetap teguh memegang misteri yang menyelimuti dirinya, yaitu tentang asal muasal serta siapa jati diri dan riwayat sebenarnya.
julianne hough josh duhamel safe haven
Rupanya Katie masih trauma dengan masa lalunya yang masih menghantui dan membuatnya ketakutan. Trauma tersebut menggiring Katie berkelana melintasi benua dan akhirnya menemukan sebuah tempat persembunyian yang amat ideal dan menenangkan dirinya di Southport.

Karena dorongan dari Jo yang amat empatik sekaligus gigih, Katie akhirnya memutuskan harus berhenti melarikan diri dari trauma masa lalu dan melawannya. Perjuangan ini harus dilakukan sendiri oleh Katie demi imbalan mendapatkan cinta sejati dalam hidupnya.


Spesialisasi Film Romantis
Film Safe Haven (2013) ini bukanlah film romantis pertama yang diadaptasi karya novel Nicholas Sparks yang kemudian diarahkan proyek filmnya oleh sutradara asal Swedia, Lasse Hallström. Pada 2010, Hallström pun pernah mengarahkan film berjudul Dear John yang lumayan sukses saat tayang di bioskop-bioskop AS.

Safe Haven yang memiliki durasi pemutaran film selama 115 menit ini merupakan film bergenre romantis terbaru yang dibintangi oleh Julianne Hough, Josh Duhamel, dan Cobie Smulders. Film ini kini jadi film yang melesat popularitasnya di tangga box office karena tayang perdana saat momentum Valentine Day, 14 Februari lalu.

Dalam sesi wawancara dengan laman Shockya beberapa waktu lalu, sutradara Lasse Hallström mengungkapkan bahwa ia mau kembali mengarahkan film romantis yang diadaptasi dari novel Nicholas Sparks karena ia tertarik dengan materi ceritanya.

“Ada elemen thriller dalam ceritanya. Jadi bukan semata film romantis. Untuk Safe Haven ini, saya mempertahankan inti ceritanya tentang percintaan dengan mencoba untuk membuat dokumentasi tentang dua orang yang sedang jatuh cinta dengan fokus pada kekuatan bahasa yang amat romantis,” ungkap Hallström.

Mengenai performa aktris Julianne Hough, ini mungkin merupakan debutnya membintangi film serius yang di dalamnya tak ada unsur tarian maupun lantunan nyanyian yang merupakan spesialisasi Hough. Namun, rupanya bekal Hough membintangi film Rock of Ages (2012), Footloose (2011), dan Burlesque (2010) telah membuat Hallström percaya bahwa Hough akan sempurna memerankan karakter Katie Feldman di Safe Haven ini.

Kesan itu kian kuat tertanam di mata Hallström, apalagi setelah mengetahui bahwa salah satu bintangnya, yaitu Julianne Hough, amat menggemari membaca novel Nicholas Sparks, hingga ia bisa secara cepat beradaptasi untuk berperan di film adaptasi ini.

Dipasangkan dengan aktor Josh Duhamel, performa kedua bintang amat terasa chemistry romantismenya. Apalagi saat ada adegan menari di antara dua pasangan karakter yang mereka perankan.

Safe Haven ini kiranya amat tepat sebagai film acuan romantisme terbaik untuk awal tahun ini, yang posisinya mampu menyaingi dan menggeser popularitas film adaptasi novel Nicholas Sparks arahan Lasse Hallström lainnya yang berjudul Dear John. ils/R-1


Judul : Safe Haven
Sutradara : Lasse Hallström
Pemain : Julianne Hough, Josh Duhamel
Genre : drama, romantis
Produksi : Temple Hill Entertainment
Rating : 3 bintang

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar