Pakai Nano-SIM, iPhone 5 Belum Bisa Dipakai di Indonesia?

iPhone 5 telah resmi diperkenalkan oleh Apple dalam jumpa pers yang diadakan di Yerba Buean Center, San Francisco, AS, Rabu (12/9/2012).

Pada peluncuran tersebut, Apple banyak menjelaskan detail dari produk iPhone generasi ke-6 tersebut.


Diketahui kalau Apple tidak akan menggunakan jenis Micro-SIM lagi di smartphone barunya ini. Apple lebih memilih menggunakan kartu SIM yang lebih kecil lagi, yaitu nano-SIM.

iphone-5-nano-sim

(Gambar: PhoneArena.com)

Saat iPhone 4 pertama kali hadir di Indonesia, kartu Micro-SIM memang belum begitu banyak beredar di pasaran. Untuk menggunakan smartphone tersebut, pengguna akhirnya memilih untuk memotong kartu SIM sendiri. Pemotongan kartu ini tidak terlalu sulit dilakukan, asalkan ukuran pemotongan tepat.

Nah, bagaimana jika pengguna di Indonesia ingin menggunakan iPhone 5, sebelum smartphone ini dijual resmi di Indonesia? Untuk melakukan pemotongan Nano-SIM sendiri ternyata dapat dikatakan hampir mustahil.

Kita bisa saja memotong sesuai ukuran Nano-SIM, yaitu 12,3mm x 8,8mm x 0,67mm. Namun, ketebalan Nano-Sim dibandingkan kartu SIM biasa ternyata cukup jauh, yaitu sekitar 15 persen lebih tipis.

Menanggapi permasalahan tersebut, beberapa operator telekomunikasi telah menyatakan kesiapannya dalam menyiapkan kartu SIM Nano.

Seperti dikutip dari Trenologi, para operator di Indonesia sudah melakukan pemesanan kartu Nano-SIM ke supplier masing-masing, walaupun iPhone 5 diprediksi masih akan cukup lama hadir secara resmi di Indonesia.

Masih menurut Trenologi, Telkomsel, Indosat, dan XL akan menghadirkan opsi pengunaan Nano SIM mulai Oktober ini.

iPhone 5 merupakan smartphone pertama yang hadir dengan Nano-SIM. Sebelumnya, iPhone 4 juga menjadi yang pertama dalam penggunaan kartu Micro-SIM.

iPhone 5 sendiri akan dihadirkan secara resmi ke pasaran pada 21 September mendatang. Singapura akan menjadi salah satu negara Asia pertama yang mendapatkan iPhone 5.

sumber :kompastekno


0 Response to "Pakai Nano-SIM, iPhone 5 Belum Bisa Dipakai di Indonesia?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel