9 Pekerjaan manusia yang digantikan robot

shares

Robot menjadi lebih cerdas daripada manusia. Mereka juga membuat lebih sedikit kesalahan dan tidak merasakan bosan. Apakah tenaga manusia tak lagi dibutuhkan? Pada tahun 2013, sekitar 1,2 juta robot industri akan dipekerjakan di seluruh dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Marshall Brain, pendiri Howstuffworks.com dan penulis Robotic Nation. Kira-kira pekerjaan apa saja yang mungkin digantikan oleh robot? Berikut adalah sembilan pekerjaan manusia yang dapat digantikan robot, seperti dilansir Msnbc.msn.com.



9 Pekerjaan manusia yang digantikan robot
1. Apoteker

UCSF Medical Center baru-baru ini meluncurkan robot farmasi yang dipekerjakan di dua rumah sakitnya. Selain menerima pesanan obat dari dokter, robot ini juga ikut meracik obat. Sejauh ini, robot apoteker itu telah meresepkan 350.000 dosis obat tanpa kesalahan.

2. Supir

Google mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah mobil otomatis yang dapat meningkatkan keselamatan manusia. Setelah diuji coba, mobil itu dapat melaju sejauh 1000 mil tanpa campur tangan manusia.

3. Astronot

Robonaut2 milik NASA adalah salah satu contoh terbaru dari teknologi android. Robot ini dilangkapi dengan berbagai sensor dan punya tangan yang terampil. Ia menangani pekerjaan kasar, seperti membersihkan stasiun ruang angkasa dan membantu manusia dalam operasi di antariksa.

4. Customer Service

Perusahaan mencari cara untuk menjual lebih banyak produk dengan mempekerjakan lebih sedikit karyawan. Penggunaan mesin self-service (seperti ATM) lebih disukai karena mampu melayani keinginan pelanggan secara otomatis.

5. Tentara

MAARS adalah sebuah tentara robot yang dibuat oleh Foster-Miller. Robot ini dilengkapi dengan monitor GPS, yang bisa diprogram untuk mendeteksi api, membuka pintu, dan menyeret korban yang terluka.

6. Babysitter

Robot tidak hanya menjadi senjata mematikan, tetapi juga untuk hiburan. Aeon Co, sebuah perusahaan retailer Jepang, pernah memperkenalkan robot empat kaki yang bertugas mengasuh anak. Robot ini bahkan sudah diluncurkan sejak tahun 2008 lho.

7. Penyelamat (Rescuer)

Robot bisa menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh manusia, termasuk menyelamatkan korban dari bencana alam. Seorang ilmuwan Jepang, Satoshi Tadokoro, juga berhasil merancang sebuah robot penyelamat, yang membantu korban dari reruntuhan bangunan.

8. Penulis dan reporter

Sebuah software yang dikembangkan oleh Northwestern University, mampu menghasilkan cerita sendiri. Piranti ini rupanya dimanfaatkan pula oleh jaringan televisi, Fox Cable, untuk siaran baseball dan softball. Selain lebih efisien, harganya pun lebih murah. Perusahaan pun tidak perlu membayar upah reporter atau penulis untuk semua siaran mereka.

9. Staff admin

Kini, semua pekerjaan staff admin bisa digantikan oleh software. Hanya dengan sekali klik, Anda bisa menganalisa jutaan dokumen, tanpa harus mempekerjakan banyak karyawan.

Suatu hari, bumi akan benar-benar dipenuhi oleh robot pekerja. Hal ini tentu berdampak besar pada lapangan pekerjaan yang semakin sempit. Tenaga manusia mungkin tak lagi dibutuhkan

sumber

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar