CR7 Bawa Portugal Ke Perempat-Final

Geonewz .Portugal akhirnya sukses melaju ke perempat-final Euro 2012 melalui sebuah perjuangan dramatis di laga terakhir Grup B kontra Belanda, Minggu (17/6) malam waktu setempat. Kemenangan 2-1 ini sekaligus memaksa the Oranje pulang lebih awal dengan status juru kunci.

 
photo / ibnlive.in.com

Portugal sendiri finis sebagai runner-up, dengan enam poin, menemani Jerman yang mencatat kemenangan sempurna di tiga laga beruntun. Jerman sukses memulangkan Denmark dengan kemenangan 2-1. 
Di kubu Seleccao, pemain termahal dunia sekaligus kapten Cristiano Ronaldo yang menjadi pahlawan berkat dua golnya, masing-masing di menit 28 dan 74, ke gawang Maarten Stekelenburg. Padahal Portugal tertinggal lebih dulu oleh gol indah Rafael van der Vaart di menit ke-11.  CR7 bahkan nyaris mencetak hat-trick andai tiang gawang tidak menjadi penghalang sepakannya di masa injury time.

 photo / ibnlive.in.com

Dua gol eks bintang Manchester United ini sekaligus sebagai jawaban kritik atas performa buruknya di pertandingan melawan Denmark yang membuang dua peluang emas di depan gawang.

  photo / ibnlive.in.com
Babak pertama
Pelatih Belanda Bert van Marwijk melakukan beberapa perubahan signifikan dalam susunan pemain kontra Portugal. Rafael van der Vaart, yang sempat mengungkapkan kekecewaan lantaran tak mendapat banyak kesempatan sebagai starter, masuk dalam susunan pemain inti, bersama striker Klaas-Jan Huntelaar. Sementara Ibrahim Afellay dan Mark van Bommel dicadangkan.

Van der Vaart pun bermain lebih ke dalam, tempat dimana biasanya diisi Van Bommel. Sementara Van Persie disamping Huntelaar, Sneijder berada di sisi kiri dan Robben melengkapi di sisi kanan.

Belanda berinisiatif menyerang sejak was it meniup peluit kick-off. Baru empat menit laga berjalan, Belanda mendapatkan dua peluang beruntun. Pertama saat crossing dari sisi kiri mengarah ke Huntelaar, namun bek Portugal Alves dengan sigap menyapu bola. Kemudian gantian Van der Wiel yang membongkar pertahanan Seleccao dari sisi kanan, mampu dijangkau Huntelaar kemudian diberikan kepada Sneijder, sayang tendangan volinya masih melambung di sisi gawang.

Tiga menit kemudian Portugal mendapat kans membuka keunggulan melalui tendangan bebas Ronaldo, bola membentur pagar betis sehingga hanya membuahkan sepak pojok. Gawang Stekelenburg sempat mendapat ancaman saat Postiga berbenturan dengan sang kiper setelah tendangan sudut, Alves mencoba memaksimalkan peluang namun wasit menyatakan adanya pelanggaran.

Van der Vaart! Tepat di menit ke-11 gelandang Tottenhan Hotspur itu membuat pendukung The Oranje bersorak saat sukses menjebol gawang Rui Patricio. Sebuah penyelesaian akhir sempurna, memanfaatkan umpan Robben, sepakan keras Van der Vaart dari jarak 20 meter bersarang tepat di sudut gawang Seleccao.

Ronaldo kembali gagal memaksimalkan peluang emas yang didapat. Memotong dari sisi kiri, Ronaldo mampu melewati Vlaar tapi tendangannya masih menyamping. Kesalahan backpass dilakukan Van der Wiel, kemudian sukses diambil Postiga, tapi tendangannya terlalu lemah dan bisa ditepis Stekelenburg sehingga hanya membuahkan sepak pojok untuk Seleccao. Stekelenburg kembali menjadi pahlawan Belanda di menit 22, saat menepis tandukan Ronaldo.

Ronaldo akhirnya membayar kegagalannya memaksimalkan sejumlah peluang di beberapa kesempatan. Di menit 28, pemain termahal dunia ini akhirnya memaksa Stekelenburg memungut bola dari gawangnya usai menerima umpan Joao Pereira.

Gol penyeimbang yang dicetak Ronaldo membakar semangat Seleccao, sebaliknya Belanda kewalahan meladeni serangan tim besutan Paulo Bento tersebut. Ronaldo nyaris menggandakan keunggulan timnya, dengan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, tapi Stekelemburg berhasil meninju di kulit bundar untuk mempertahankan skor 1-1. Portugal mendapatkan sepak pojok, Ronaldo mendapat peluang tapi sundulannya masih melebar.

Belanda benar-benar kerepotan menjaga serangan bertubi-tubi Seleccao, namun skor tak berubah hingga turun minum.

Babak kedua

Portugal mendominasi laga pascajeda, Nani memberikam umpan kepada Ronaldo di kotak penalti, sementara Belanda menunggu bendera off-side bintang Real Madrid itu melepaskan tendangan first-time, tapi bek The Oranje sukses memblok sepakannya.

Belanda mencoba membangun serangan, Robben menusuk melalui sisi kiri tapi dihalangi Pereira sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok. Vlaar melakukan sundulan untuk meneruskan sepak pojok, tapi bola masih melayang di atas mistar.

Seleccao sebetulnya sukses menggandakan keunggulan di menit 60 ketika bola sepakan Postiga bersarang di gawang Stekelenburg, tapi hakim garis dengan cepat mengangkat bendera off-side. Menit 60, Stekelenburg kembali menunjukkan kelasnya sebagai kiper papan atas. Ronaldo sukses menorobos pertahanan Belanda dan memberikan umpan matang kepada Coentrao, tapi sepakan kaki kirinya masih dihalau penjaga gawang AS Roma itu.

Lini belakang anak-anak asuh Van Marwijk benar-benar dibuat keteteran. Ronaldo berlari dari sisi kiri, melepaskan crossing kepada Nani yang tinggal berhadapan dengan Stekelenburg, namun eks kiper Ajax Amsterdam itu lagi-lagi menjadi pahlawan The Oranje.

Sang pemain termahal dunia akhirnya benar-benar menjadi mimpi buruk Belanda. Ronaldo mencetak gol kedua di laga ini, berawal dari serangan balik Portugal, umpan Nani berhasil dijangkau CR7 di sisi kiri. Sebelum memperdayai Stekelenburg, CR7 lebih dulu mengecoh satu bek Belanda kemudian bola bersarang di sudur kiri gawang. Portugal di atas angin.

Van der Vaart mencoba peruntungan dengan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti di sisi kiri. Bola melengkung, tapi tiang gawang menggagalkan kans Belanda menyamakan kedudukan. Demikian juga Van Persie yang tendangannya terlalu lemah sehingga melebar di kiri gawang setelah menerima operan Van der Vaart.

Ronaldo nyaris mencetak hat-trick, tapi tendangan kaki kirinya di masa injury time masih membentur tiang gawang. Meski demikian, Portugal tetap mempertahankan kemenangan 2-1 dan berhak menemami Jerman yang membekuk Denmark dengan skor sama melenggang ke perempat-final.


Berikut susunan pemain Portugal versus Belanda di laga terakhir penyisihan Grup B Euro 2012

Portugal: Patrício; Pereira, Alves, Pepe, Coentrão; Veloso, Meireles, Moutinho; Nani, Postiga, Ronaldo.

Cadangan: Eduardo, Beto, Costa, Rolando, Lopes, Custódio, Quaresma, Micael, Viana, Almeida, Oliveira, Varela.

Belanda:  Stekelenburg; Van der Wiel, Vlaar, Mathijsen, Willems; De Jong, Van der Vaart; Robben, Van Persie, Sneijder; Huntelaar.

Cadangan: Vorm, Krul, Heitinga, Bouma, Boulahrouz, Vam Bommel, Schaars, Strootman, Kuyt, L de Jong, Narsingh, Afellay.

0 Response to "CR7 Bawa Portugal Ke Perempat-Final"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel