Kota Penyelenggara Euro 2012: Poznan



POZNAN, POLANDIA
Populasi: 556,022 jiwa
(Metro: 943,700)
Moto:
"Kekuatan Timur, Bergaya Barat"
Stadion: Stadion Miejski (43,000 bangku)
Klub Top: Lech Poznan

Selamat Datang Euro 2012 di Poznan

Jujurlah. Pernahkah Anda mendengar kota Poznan sebelum ini? Fans Manchester City mengenalnya ketika klub kesayangan mereka bertanding melawan Lech
Poznan pada Liga Europa musim lalu. Ketika itu pula fans City mengadopsi gaya menonton fans Poznan dengan melompat-lompat, berangkulan, dan membelakangi lapangan. Mungkin Anda tidak pernah mendengar Poznan, jadi selamat datang di kota yang melahirkan ritual itu di Euro tahun depan.

Sejarah

Seperti kebanyakan kota di Polandia, Poznan pun harus berhadapan dengan bencana perang. Setelah selamat dari invasi Swedia pada 1655 dan serangan Perang Dunia I pada 1918, kota ini menjadi pusat budaya dengan berdirinya Universitas Poznan pada 1919 serta Poznan International Trade Fairs pada 1925.

Perang Dunia II yang diikuti rezim komunis selama 44 tahun juga dirasakan Poznan. Begitu Uni Soviet runtuh, Poznan menjadi salah satu pusat budaya dan ekonomi terdepan di bagian barat Polandia.

Terkenal Akan...

"The Poznan!" Selebrasi fans unik seperti yang sudah disebutkan tadi. Melompat-lompat, berangkulan, dan membelakangi lapangan. Kelihatannya gila, tapi sebenarnya keren. Fans Manchester City mengadopsinya ketika bertanding melawan Lech Poznan musim lalu, tapi tak banyak melakukannya musim ini. Lagipula tim kesayangan mereka lebih menarik disaksikan daripada Lech Poznan.



Tempat Menginap
  • Hotel Rzymski (kanan): Terletak di tengah kota, hotel berusia 150 tahun ini merupakan paduan dari gaya kuno dan modern. Anda tidak perlu susah-susah mencari makanan lezat. Restoran yang melekat di hotel ini, De Rome, menyajikan variasi makanan internasional dan Polandia.
  • Frolic Goats Hotel: Hotel ini dilengkapi ruangan yang didekorasi dengan meriah dan memiliki tempat untuk empat, delapan, atau 12 dipan, begitu juga dengan dua kamar pribadi. Harga hotel ini relatif terjangkau, apalagi jika dipesan sejak lama.
  • Cinnamon Hostel: Memang bukan bangunan mewah, tapi hostel ini hanya berjarak dua menit dengan berjalan kaki dari Market Square dan sepuluh menit dari stasiun utama kereta.
Berkunjung
  • Monumen Juni 1956: Monumen ini menjadi salah satu tempat yang dikenang masyarakat Poznan untuk memperingati para korban yang gugur setelah melancarkan protes. Bagian penting dari kota ini terdiri dari dua salib yang bertautan setinggi 20 meter.
  • Stadion Miejski (kanan): Tentu saja kalau Anda berada di Poznan tahun depan, Anda harus merencanakan agenda berkunjung ke Stadion Miejski, kandang Lech Poznan, dan tuan rumah beberapa pertandingan babak penyisihan grup Euro.
  • Citadel Park: Sebuah benteng yang dibangun dari bekas perkebunan anggur dan kini menjadi tempat persemayaman terakhir para serdadu Polandia, Inggris, Soviet, dan Persemakmuran. Citadel Park merupakan bagian penting lain dari sejarah Poznan.
Tahukah Anda?

Bandara Lawica di Poznan merupakan yang tertua di Polandia. Sudah beroperasi sejak 1921.

Figur Terkenal

Tomasz Radzinski. Eks pemain depan Everton dan Fulham ini lahir di Poznan, tapi pindah ke Kanada sejak kanak-kanak untuk kemudian memutuskan membela negara barunya di pentas internasional ketimbang mengenakan seragam timnas Polandia. Saat ini Radzinski masih bermain dan berstatus bebas transfer sehingga klub peminat manapun dapat mengajaknya bergabung.



sumber

0 Response to "Kota Penyelenggara Euro 2012: Poznan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel