Jack Ma si Alibaba dot com

shares


http://geo-geo22.blogspot.com/
sumber : businnesinsider.co.id


Jack Ma adalah seorang guru bahasa inggris di cina dengan gaji 12 dollar per bulan kini menjelma menjadi seorang  Milyuner setelah perusahaan jual beli online nya yaitu Alibaba.com menjadi raksasa di dunia maya dengan nilai saham mencapai $19 ,65 Milyar 

Berkat kerja kerasnya, pendiri perusahaan e-commerce Alibaba Group --Jack Ma-- kini menjelma jadi orang terkaya di China dan orang kedua terkaya di Asia menurut Bloomberg Billionaires Index. Namun siapa sangka, ia dulu hanyalah seorang guru miskin di China. 

Jack Ma berasal dari Hangzhou, China, sebuah kota dengan 2,4 juta orang penduduk di dekat Shanghai. Kota ini dikenal karena pemandangannya yang indah dan tanah pertaniannya yang subur. 

Ia lahir tahun 1964. Orangtuanya bekerja sebagai pingtan performer (teknik performing tradisional seperti story telling, joke cracking, music playing, ballad singing). Dulu ia sering berkelahi karena teman-temannya sering mengejek ukuran tubuhnya.

Belajar Bahasa Inggris dengan Turis

Pada usia 12 tahun, Ma belajar Bahasa Inggris sendiri. Selama delapan tahun, dia sengaja gowes naik sepeda selama 40 menit setiap hari ke sebuah hotel di dekat distrik West Lake Hangzhou agar bisa bertemu turis asing. 

Ia menawarkan diri menjadi pemandu turis, gratis, hanya untuk berlatih Bahasa Inggris. Dia juga membeli radio sehingga ia bisa mendengarkan siaran bahasa Inggris setiap hari.

Pria berwajah culun itu tidak pernah unggul dalam pelajaran matematika. Dia bahkan pernah gagal dua kali masuk ke perguruan tinggi di China. Namun setelah persiapan yang ketat, ia mencoba ikut tes yang ketiga kalinya dan akhirnya lulus dari Hangzhou Teachers Institute pada tahun 1988.

Ma lalu mencari kerja dan pernah ditolak untuk sejumlah pekerjaan - termasuk posisi manajer di Kentucky Fried Chicken - tepat setelah ia lulus. Namun akhirnya ia berlabuh menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan bayaran sangat kecil, hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan di sebuah universitas setempat.


sumber : liputan6.com

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar