Cara membuat Pizza sendiri di rumah

shares




Kalau mau praktis, sebenarnya Anda bisa tinggal angkat telepon lalu pesan pizza. Namun rasanya tak sepuas jika Anda membuat pizza sendiri. Agar lebih seru, jangan beli pizza beku yang tinggal dihangatkan atau adonan pizza yang tinggal ditambahkan topping!

Kalau punya banyak waktu, Anda bisa belajar membuat adonan pizza sendiri di rumah. Hasilnya pun tak kalah lezat dengan pizza di restoran. Yuk praktikkan tahapan membuat pizza dari situs eHow berikut ini!


1. Bahan dan alat

Bahan untuk dua loyang pizza ukuran 30,5 cm (12 inci):

300 ml air hangat (46 C)
1 sendok teh garam
Minyak zaitun
438-500 gram tepung yang sudah diayak
2 bungkus ragi kering/instan
Loyang pizza

2. Campur

Masukkan air ke dalam mangkuk sedang, lalu taburkan ragi dan aduk hingga ragi larut. Tambahkan garam, lalu masukkan 250 gram tepung dan aduk sampai tercampur rata. Tambahkan sisa tepung dan aduk sampai kaku dengan sendok.


3. Uleni

Pindahkan adonan ke permukaan yang sudah diberi tepung. Uleni selama 10-15 menit sampai adonan licin dan elastis.


4. Diamkan adonan

Masukkan adonan ke mangkuk lain yang sudah diberi sedikit minyak. Balikkan adonannya hingga bagian yang berminyak berada di atas. Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan letakkan di tempat hangat selama 45 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat ukuran aslinya. Panaskan oven hingga suhu 260 C.


5. Pukul-pukul adonan

Keluarkan adonan ke permukaan berlapis tepung, pukul-pukul dengan kepalan tangan untuk membuang gelembung-gelembung udara dalam adonan. Bagi adonan menjadi dua dan diamkan selama beberapa menit.



6. Giling, tambahkan topping, panggang

Giling masing-masing adonan menjadi lingkaran berukuran 30,5 cm dengan rolling pin atau tergantung ketebalan yang diinginkan. Tempatkan di loyang pizza yang telah diolesi minyak. Tambahkan saus, keju, dan topping sesuai selera. Panggang pizza selama 15-20 menit atau sampai kulitnya cokelat dan kejunya meleleh.


7. Menyimpan adonan

Jika adonan tidak dipanggang semua, Anda bisa membekukannya. Bentuk adonan menjadi bola, bungkus di plastic wrap, bungkus lagi dengan aluminium foil, lalu bekukan. Kalau adonan tersebut ingin dipakai, letakkan di kulkas selama beberapa jam lalu keluarkan 1-2 jam sebelum dipanggang. Adonan harus bersuhu ruangan sebelum digiling.




sumber


Related Posts

0 comments:

Posting Komentar