Lima Antivirus "Portable" Gratis

shares

Kekhawatiran utama saat menggunakan komputer yang bukan milik pribadi adalah virus atau program berbahaya lainnya yang mungkin menjangkiti komputer tersebut.

Ada kalanya pula, antivirus yang terpasang di komputer yang bersangkutan tidak cukup untuk menangkal virus, misalnya karena jarang di-update. Atau komputer tersebut sudah terinfeksi sedemikian parahnya sehingga tak mampu berjalan dengan lancar.


Dalam kasus-kasus seperti itu, antivirus portable yang bisa dibawa-bawa dalam media penyimpanan eksternal, seperti USB flash drive dapat membantu.

Pengguna tak perlu meng-install seperti halnya antivirus konvensional, melainkan cukup menjalankan antivirus portable langsung dari media penyimpanan.

Nah, berikut ini daftar lima jenis produk antivirus portable yang keandalannya sudah teruji dan bisa diperoleh secara gratis, sebagaimana dikutip dari Tech Republic:

1. ClamWin Portable
 
techrepublic.com
















Seperti versi konvensionalnya, ClamWin portable adalah antivirus open source yang bisa diperoleh secara cuma-cuma tapi memiki kemampuan membasmi virus yang mumpuni.

ClamWin Portable memiliki tingkat deteksi virus yang sangat tinggi dan mengusung antarmuka grafis yang bersahabat. Pembuatnya pun rajin memperbarui database virus definition.

Satu kekurangannya adalah tidak menyediakan fasilitas real-time scanning, tapi hal tersebut sama sekali bukan masalah untuk antivirus portable yang memang tidak ditujukan untuk monitoring secara kontinyu.

2. Sophos Anti Rootkit Portable
 
techrepublic.com
















Inilah salah satu jenis software yang enggan dipakai oleh pengguna kalau tidak benar-benar terpaksa. Ketika dibutuhkan, software buatan Sophos ini memiliki "penciuman" sangat tajam yang mampu mengendus dan membuang rootkit, bahkan ketika PC tengah digunakan.

Sophos Anti Rootkit Portable 100 persen gratis serta dapat berjalan di Windows XP, Vista, dan 7. Software ini pun bisa berjalan berdampingan dengan antivirus lain.

3. Emsisoft Free Emergency Toolkit
 
techrepublic.com


















Software yang satu ini adalah tool pembasmi malware yang bisa mendeteksi dan membersihkan lebih dari 6 juta jenis ancaman komputer. Emsisoft Free Emergency Toolkit memiliki GUI dan mode command line, jadi pengguna tetap bisa memakainya walaupun antarmuka grafis tidak bisa diakses.

Selain anti-malware, pengguna juga akan mendapat tool deteksi spyware HiJackFree dan pembersih locked files BlitzBank dalam paket Emsisoft Free Emergency Toolkit. Rangkaian software ini bisa di-download gratis, tapi pengguna juga bisa membeli USB flashdrive yang berisi kompilasi aplikasi-aplikasi tersebut.

4. Vipre Rescue
 
techrepublic.com












Ketika infeksi malware sudah sangat parah, Anda membutuhkan software pembersih yang mampu berjalan tanpa GUI. Itulah Vipre Rescue, software command window yang berjalan di Safe Mode ini hanya perlu di-klik sekali sebelum mulai men-scan sistem dengan kecepatan luar biasa.

5. Spybot Search and Destroy portable.
 
techrepublic.com

















Versi portable dari Spybot Search and Destroy yang sangat populer. Sesuai namanya, tool ini memiliki kemampuan yang bisa diandalkan dalam hal mencari dan menghancurkan program berbahaya di komputer.

Salah satu fitur unik Spybot adalah kemampuan backup registry Windows sebelum memulai proses scanning untuk berjaga-jaga apabila registry Windows mengalami kerusakan selama proses pembersihan.



sumber :kompastekno

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar