Darimana Emas itu Berasal yuk disimak !!!

shares

Tempat ini berada di kawasan Akmola, Kazakhstan disinilah emas ditambang. Sejarah penambangan mencerminkan sejarah negara itu sendiri. Penambangan di tempat ini sempat  mengalami penurunan dan stagnasi namun akhirnya berhasil hidup  kembali.





 Dulu disini hanya  lubang penggalian yang  kecil   kemudian selama 33 tahun berubah menjadi sebuah tambang  yang besarnya mencapai  135 meter dan lebar  1.210.000 meter persegi.


Victor, 55 tahun , telah bekerja di tambang selama 33 tahun.


Dia adalah salah satu dari mereka yang masih ingat bagaimana semuanya dimulai. Bagaimana sebuah lubang kecil perlahan-lahan tumbuh. Di pertengahan tahun  90-an bahkan ada suatu periode ketika emas tidak ditambang sama sekali karena nilai emas jatuh  menjadi sangat murah (260 dolar per ons) dan pekerjaan penambangan tak mendapati keuntungan . Orang-orang harus menunggu selama berbulan –bulan untuk bisa bekerja kembali . Namun di pertengahan tahun 2000-an pertambangan tampaknya memulai kehidupan kedua. Pada  akhirnya pertambangan ini   membutuhkan investasi yang  sangat besar  untuk menghidupkan kembali kapasitas produksi  senilai  700 juta dolar.


Selama dua tahun terakhir mereka berhasil menambang emas lebih banyak  dari yang pernah mereka tambang  selama 20 tahun yaitu  11,5 ton!


Mereka bekerja nonstop

 

excavator besar memasukan   bahan mentah  kedalam  truk  caterpillar kemudian akan membawanya  melalui conveyor ke pabrik di mana emas akan diekstraksi.
 
Output proyek harus delapan juta ton bijih per tahun. Namun mereka menambang hanya enam ton belum. Dua gram emas ditemukan di salah satu ton bijih. Semua  pekerjaan besar ini dilakukan untuk emas dalam  jumlah yang kecil .

Satu dumptruck "CAT-777" berbobot ton tujuh puluh namun kapasitas angkat adalah 90-100 ton. Ini seperti semut besar yang dapat mengangkat kargo lebih berat dari truk itu sendiri. Selain itu, pengemudi  Dumptruck mengatakan bahwa  mengemudikan CAT  atau  kucing lebih mudah di bandingkan  mengemudikan   mobil.
“Kucing”  itu sendiri punya nama –nama unik   seperti : "Jaguar", "Vanguard", "kijang emas", "Orange", dll

Pengemudi Dumptruck   mengatakan pekerjaan telah menjadi jauh lebih cepat  dengan kendaraan tersebut.
Ini adalah sebuah excavator RH 120-Е TEREX. Kinerja jangka panjang adalah 2000 ton per jam .satu garukan  itu sendiri memiliki kapasitas  15 meter per kubik .
Proses penambangan emas itu benar-benar berbeda. Bijih tersebut dialirkan dengan larutan natrium sianida dan diekstraksi dari batu. Namun metode yang efektif hanya untuk teroksidasi, jumlah bijih  menurun secara bertahap. Jadi mereka membutuhkan teknologi baru dan investasi yang besar. Sekarang  mereka meledakan batu dan mengekstrak emas dengan cara yang lebih canggih.

 

Pertama-tama kandungan deposit diukur  dengan  menggunakan  teknologi yang ketat. Kemudian ahli geologi menentukan keberadaan  bantalan  bijih emas.
Kemudian pengebor memulai pekerjaan mereka. Mereka mengebor lubang kecil sedalam enam belas meter  sampai kepada posisi yang tepat yang akan di ledakan .
Lokasi penambangan  di ledakan  dua kali seminggu. Satu jam sebelum  peledakan   semua orang berhenti bekerja  dan  peralatan serta  listrik dimatikan.
Kemudian proses yang sama dimulai. Garukan  excavator  memasukan bijih kedalam  truk  



Bijih digerus dengan ukuran pecahan (350 mm (14 inci)). Kemudian masuk  kedalam tabung  tekan  dan berlanjut  kedalam pabrik



penghancuran dengan cara di gerus  dilakukan dalam dua tahap.


Ketika bijih sepenuhnya hancur emas akhirnya dapat diekstraksi.



Pada tahun 2007 mereka membangun pabrik spacial untuk ekstraksi emas. Pada kapasitas penuh dapat memberikan lima belas ton emas per tahun. Saat ini Kazakhstan memproduksi lebih dari dua puluh ton emas per tahun, jika mereka mulai memproduksi tiga puluh lima ton maka negara ini  akan berada di antara lima belas negara dengan  pertambangan emas  terbesar di dunia.


Setiap pengunjung diperiksa secara ketat sebelum masuk.


"Orang ini bertanggung jawab untuk keselamatan Anda hari ini".


Dan ini adalah ruang kontrol dimana  seseorang dapat mengamati seluruh siklus produksi.


Ini adalah ball mill "Outotec" khusus dibuat untuk tambang. Tidak ada benda analog dengan ukuran tersebut di mana saja di dunia.


Mesin flotasi ditujukan untuk  melakukan pemisahan emas dari material non-ferrous.


Ini adalah tempat flotasi dan ruang gravitasi.
Proses gravitasi didasarkan pada penggunaan kekuatan gravitasi, ketika mineral dipisahkan dari batuan limbah karena perbedaan kepadatan dan ukuran partikel. Prinsip ini diilustrasikan oleh pemisahan pasir dari serbuk gergaji ketika dilemparkan ke dalam air: serbuk gergaji  mengapung sementara pasir tenggelam dalam air.


Produk akhir menyerupai lumpur tapi mungkin lumpur yang paling mahal di dunia.


Ini adalah tempat  hidrometalurgi , di mana emas juga diekstraksi dari bijih dengan cara memasukan larutan berair dengan bahan kimia tertentu.


Ini  adalah Emas batangan yang masih kasar  telah jadi  pada proses akhir . Emas batangan ini  mengandung i 80%  emas dan 20%  perak dan Emas batangan ini  dikirim ke pabrik penyulingan di mana mereka berubah menjadi batangan emas murni  yang berharga.




di terjemahkan dari 
englishrussia.com

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar