Ide- Ide Bisnis dalam Kemacetan !!

Di antara Anda siapa yang tidak merasa kesal saat berada dalam kemacetan lalu lintas? Tak hanya di Jakarta, di seluruh belahan dunia, kemacetan lau lintas bukanlah barang baru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 71% dari para pekerja yang diteliti justru menemukan ide-ide kreatifnya saat terjebak dalam kemacetan parah di jalan raya.

http://static.sglinks.com/assets/pages/5f/1c/5f1ce13b86e6f7eddc7a2ddfa0821c19_330.jpg 
 ilustrasi : from google
 
 
Masalah satu ini memang belum ada pemecahan konkretnya bahkan hingga detik ini. Tetapi sadarkah kita bahwa kemacetan yang amat membosankan dan membuat tidak produktif itu bisa menjadi lahan subur berbisnis jika kita berpikir kreatif?

Jasa informasi jalan

Di Amerika Serikat atau beberapa negara Eropa ditemui sejumlah layanan khusus yang memantau kepadatan arus kendaraan di ruas-ruas jalan utama. Informasi yang disediakan ini diperbarui secara real time. Isinya mengenai potensi kecelakaan di jalan tersebut, cuaca terkini, ada tidaknya pekerjaan umum perbaikan jalan yang bisa mengakibatkan kemacetan seperti pengaspalan, perbaikan saluran air, kabel telepon, penerapan aturan khusus di ruas jalan tertentu di waktu-waktu tertentu, dan sebagainya. Sehingga bagi Anda yang hendak melewati ruas jalan tertentu, Anda bisa mengetahui keadaannya sebelum melewati di sana. Ini cara paling efektif untuk hindari kemacetan sekaligus berkendara dengan selamat dan nyaman.

Bagaimana bisa mengambil untung dari jasa ini jika para pengguna informasi tidak diharuskan berlangganan dengan biaya tertentu? Bentuk langganan gratis ini bisa berupa pengiriman laporan keadaan ruas jalan terkini di wilayah tertentu melalui GPS di ponsel atau perangkat yang terpasang di mobil. Dalam layanan gratis ini, pihak penyelenggara jasa bisa menarik untung dengan memasang iklan, dan sebagainya.

Penyewaan kamar
Saat kemacetan parah, orang berpeluang untuk memilih beristirahat di suatu tempat sehingga bisa melanjutkan perjalanan dengan keadaan yang jauh lebih segar. Jika kemacetan terjadi di malam hari saat orang hendak pulang ke rumah masing-masing, Anda bisa menyewakan kamar di properti Anda yang terletak di jalur kemacetan agar para pengguna jalan yang frustrasi ini bisa setidaknya meluruskan kaki mereka dengan leluasa karena berada dalam kendaraan selama berjam-jam membuat peredaran darah terhambat dan otomatis membuat stres secara fisik. Tarif menginap Anda bisa sesuaikan dengan melihat mayoritas pengguna jalan yang melewati jalur tersebut. Akan lebih lengkap lagi jika layanan kamar Anda dilengkapi dengan penyediaan makanan dan minuman. Jadi siapa bilang properti di jalur macet tidak bisa menghasilkan uang?

Menjual makanan dan minuman sehat
Kita sudah biasa menemui para pedagang asongan yang menawarkan makanan dan minuman kemasan/ siap saji yang bernilai gizi rendah. Nah, bagaimana jika Anda menjual makanan dan minuman yang lebih sehat? Misalnya daripada menjual popcorn, Anda bisa jual jagung manis rebus. Pastikan Anda mengemas makanan tersebut dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan sehingga membuat image produk Anda berbeda dari yang lain.

Jasa pelepas stres
Meski agak terdengar absurd tetapi Anda bisa menawarkan jasa pijat kaki atau foot massage di sekitar jalur kemacetan. Mereka yang sudah lelah di kendaraan selama berjam-jam tidak akan sanggup menolak tawaran ini. Anda bisa menggunakan sebuah lokasi yang tetap atau menggunakan mobil van yang lapang sehingga pelanggan bisa dipijat dengan nyaman dan leluasa. Selain itu, Anda bisa juga pikirkan sebuah jasa salon bergerak yang siap siaga di jalur kemacetan di mana kaum Hawa bisa melepas penat sembari merawat diri.


Tempat permainan dan olahraga
Menanti arus lalu lintas hingga lancar adalah sebuah ketidakpastian yang membuat stres dalam hidup bertambah tinggi. Nah, saat stres tersebut gagal disalurkan melalui jalur yang tepat keseimbangan fisik, psikologis seseorang bisa terganggu. Melepaskan stres bagi sebagian orang bisa dilakukan jika mereka bisa berolahraga atau bermain di tengah kemacetan.

Kini tinggal Anda mengakomodasi kebutuhan itu. Misalnya dengan membuka lapangan futsal di sekitar jalur kemacetan sehingga orang bisa mampir untuk bermain. Atau membuka sebuah wahana bermain dalam mobil van yang telah didesain khusus, yang di dalamnya orang bisa menikmati permainan yang meredakan stres sembari mendapatkan hadiah.

Perpustakaan keliling
Kita sudah tidak asing dengan konsep ini. Tapi bagaimana jika Anda mengkhususkan perpustakaan keliling itu untuk mereka yang berada di jalur kemacetan. Membaca di tengah kepenatan mungkin bukan pilihan semua orang tetapi setidaknya ini adalah alternatif mengisi waktu yang bernilai positif.

Jasa pengisian daya ponsel

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi yang dilengkapi pengisi daya, kehabisan baterai ponsel bukan masalah besar saat terjebak di kemacetan. Namun, bayangkan jika Anda berada di kendaraan umum atau kendaraan pribadi yang tidak memiliki fasilitas seperti itu. Mungkin tidak terpikir bagi Anda, tetapi orang sangat bersedia untuk membayar harga yang wajar saat mereka harus mengisi daya baterai ponsel mereka yang sekarat mengingat kebutuhan berkomunikasi via ponsel sudah hampir setara dengan kebutuhan pokok sekarang ini.

Toilet umum

Hal yang paling tidak mengenakkan selama terjebak kemacetan mungkin adalah saat seseorang ingin membuang hajat tetapi tidak bisa menemukan toilet terdekat. Padahal dampak kesehatan yang bisa timbul akibat menunda kebutuhan satu ini membahayakan tubuh dalam jangka panjang. Anda bisa menggunakan ini sebagai peluang bisnis sekaligus memberikan solusi bagi mereka yang terjebak macet.


0 Response to "Ide- Ide Bisnis dalam Kemacetan !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel