Laptop anda tiba tiba mati mendadak padahal baru saja anda mainkan  mungkin itu salah anda sendiri kenapa meletakan Laptop di atas bantal atau benda lunak lainnya  .Hindari menggunakan laptop di tempat berdebu seperti karpet, kasur, sofa kain, dll. Selain itu, pastikan Anda meletakkan laptop di tempat yang keras dan tidak menghalangi ventilasi-ventilasi yang ada di laptop Anda.

hal di atas adalah salah satu yang menyebabkan   Laptop begitu panas dan biasanya Laptop  akan menghentikan sistem bila overheat dan otomatis mati . Karena Procie memiliki sensor panas juga didalamnya, yang otomatis melindungi diri sendiri supaya tidak terbakar.

lalu langkah apa yang harus di lakukan ?




Setiap laptop memiliki modul pendingin yang terdiri dari heatsink dan kipas pendingin. Ketika laptop bekerja, prosesor (CPU) memanas dan karena itu heatsink juga ikut panas. Pada beberapa tingkat suhu, kipas akan berupaya mendinginkan panas dari heatsink.

Masalah timbul ketika terlalu banyak debu yang berada di modul pendingin laptop. Biasanya debu akan menempel di antara kipas dan heatsink. Debu ini menyumbat heatsink dan menahan aliran udara normal didalam modul pendingin. Akhirnya prosesor akan menjadi sangat panas dan laptop akan mati secara tiba-tiba atau hang. Masalah ini bisa diperbaiki dengan membersihkan modul pendingin pada laptop.

Membersihkan modul pendingin laptop.

Beberapa laptop memberi anda akses yang cukup mudah ke heatsink dan kipas. Modul pendingin pada laptop seperti itu dapat diakses melalui cover dibawah laptop.

Disini, anda harus membuka modul pendingin untuk dapat mengakses kipas dan heatsink. Pada beberapa laptop anda dapat membuka ki[as heatsink tanpa memisahkannya dari prosesor (cpu).

Setelah membuka kipas, bersihkan debu yang menempel pada heatsink. Dengan ini seharusnya bisa memperbaiki masalah panas pada prosesor.
Memasang termal paste pada prosesor

Jika termal paste pada prosesor kering, anda harus menggantinya dengan termal paste yang baru.

Hilangkan termal paste lama dari prosesor dan heatsink dengan menggunakan alkohol.

Peringatan: Pada beberapa laptop, heatsink juga menempel pada chip grafis. Pada bagian heatsink yang menempel pada chip grafis memiliki termal paste khusus yang berbeda dengan termal paste prosesor. Jangan ganti termal paste tersebut dengan termal paste biasa! Biarkan saja, cukup memberi termal paste pada prosesor.

Setelah memberi termal paste, pasang kembali heatsink dan kipas pada laptop. Jangan lupa untuk memasang kabel kipas pada motherboard.

Bagaimana jika modul pendingin tidak mudah diakses?

Pada beberapa laptop, modul pendingin berada jauh didalam komponen laptop. Untuk dapat mengaksesnya anda perlu membongkar seluruh laptop, tapi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pada laptop seperti ini, anda bisa menerapkan teknik berikut:

- Gunakan kompresor udara
1. Semprotkan pada jendela kipas pada bagian bawah
2. Semprotkan udara menuju sisi belakang dari laptop.
3. Ganti sudut semprotan untuk membersihkan secara keseluruhan.

Semoga tips berikut bisa menyelesaikan masalah panas pada laptop anda


Catatan  :
Bila anda takut untuk melakukannya sendiri Bawa ke tempat servis terdekat 
Judul: Tips Bila Laptop Panas kemudian Mati /Hang !!; Ditulis oleh ADMIN; Rating Blog: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tips Bila Laptop Panas kemudian Mati /Hang !!
Ditulis Oleh ADMIN
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Tips Bila Laptop Panas kemudian Mati /Hang !! ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar