Mitos dan Fakta Tentang Rambut


 Mitos dan Fakta Seputar Rambut
Rambut, mahkota wanita yang begitu dijaga. Dari rambut hadir keindahan. Begitu pedulinya kaum hawa tentang rambut, membuat begitu banyak ahli rambut dan tata rambut menelurkan berbagai model rambut terbaru yang disesuaikan dengan karakter rambut dan trend masal. Namun dibalik keindahan dan keistimewaan rambut, terselip mitos-mitos seputar rambut yang cenderung tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Apa saja sih mitos tentang rambut ini? simak saja 5 uraian singkat tentang mitos seputar rambut dibawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda kaum wanita yang mencintai rambutnya dan merawatnya seperti sebuah mahkota yang sangat berharga.



Mitos : Memotong rambut teratur akan membuat rambut cepat tumbuh.
Fakta : Rambut terus tumbuh sekitar setengah inci setiap bulannya. Memotong rambut tidak akan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat atau lebih panjang. Pertumbuhan rambut lebih berhubungan dengan hormon androgen dan estrogen pada tubuh manusia





Mitos : Stress membuat rambut menjadi rontok
Fakta : Stress tidak menyebabkan kerontokan rambut. Rambut bisa rontok diakibatkan oleh zat-zat kimia yang mempengaruhi tubuh, seperti obat antibiotik dan pengobatan seperti kemoterapi. Intinya, stress tidak menyebabkan rambut rontok.





Mitos : mencabut satu uban, akan memicu tumbuhnya uban-uban baru yang lebih banyak.
Fakta : Mencabut uban tidak akan memicu pertumbuhan uban-uban lain disekitarnya. Terjadinya uban lebih dikarenakan gangguan sintesa protein pada tubuh, atau karena faktor genetika turunan. Walau begitu, mencabut uban sangat tidak dianjurkan, karena akan merusak akar rambut dan menyebabkan infeksi dan luka pada kulit kepala. Kerusakan akar rambut dan infeksi kulit kepala akan membawa efek yang buruk, yaitu kebotakan.




Mitos : Keramas dengan air dingin akan membuat rambut lebih bagus dan berkilau.
Fakta : Tidak ada hubungan antara air dingin atau air hangat dalam hal keramas dengan rambut indah berkilau. temperatur air tidak mempengaruhi keindahan rambut. Asal jangan keramas pake air mendidih aja ya. Hahaha.



Mitos : Obat dan shampo bisa menghilangkan rambut bercabang.
Fakta : Obat dan shampo yang beredar saat ini menyatakan mampu "mengurangi" rambut bercabang, bukan menghilangkan rambut bercabang. Satu-satunya solusi untuk menghilangkan rambut bercabang adalah dengan menggunting rambut. Obat dan shampo saat ini yang mengobati rambut bercabang sebenarnya hanya "melapisi" rambut-rambut rusak dan bercabang dengan silicon dan lilin sehingga tampak sehat dan mengurangi terlihatnya rambut bercabang.



Mitos: Memotong rambut (3-5 cm) perbulan akan membuat rambut tumbuh lebih cepat. 
Fakta: Tanpa di gunting sekalipun rambut akan tetap tumbuh 1/2 inci per bulan. 


Mitos: Stress bisa membuat rambut rontok. 
Fakta: Rambut bisa rontok sebanyak 50-120 helai setiap kali kamu keramas. Namun beberapa keadaan seperti pernikahan, PHK, operasi, kehamilan dan pengobatan bisa menambah rontok rambut kamu. 



Mitos: Mengganti shampoo bisa membuat rambut jadi sehat 
Fakta: Pada dasarnya rambut kita tidak terlatih untuk mengenali jenis shampoo yang dipakai. Namun rambut memang butuh shampoo yang khusus peruntukkannya saat rambut baru di warnai, di smoothing atau reebonding. 


Mitos: Mencabut satu helai rambut beruban akan menumbuhkan 2-3 rambut beruban. 
Fakta: Salah! Namun mencabut rambut beruban bisa membuat akar rambut jadi rusak dan bahkan mati. 
Mitos: Kamu tidak bisa membuat rambut terlihat lebih lurus dan mengikuti aturan. 
Fakta: Cukup dengan lima menit menata rambut menggunakan rol panas atau alat hot roller bisa membuat rambut kamu lurus. 


Mitos: Membilas rambut (setelah keramas) dengan air dingin bisa membuat rambut berkilau.  
Fakta: Tidak ada hubungan antara rambut berkilau dengan membilas menggunakan air dingin.
Mitos: Sering mewarnai rambut bisa membuat rambut rusak. 
Fakta: Tergantung perawatan dan jenis rambut kamu. Sebab rata-rata pewarnaan rambut memang akan membuat rambut jadi lebih kering dari biasanya. 


Mitos: Kamu harus menyisir selama 100 kali setiap kali menyisir. 
Fakta: Menyisir sebanyak 100 hari hanya akan membuat rambut lebih tertata dan halus. 


Mitos: Rambut bercabang bisa hilang dengan shampoo yang tepat.  
Fakta: Rambut bercabang hanya bisa dihilangkan dengan memotong ujungnya (trim). Tidak ada produk yang bisa menyatukan rambut yang bercabang. 


Mitos: Untuk mendapatkan rambut yang bersih harus mengulang shampoo dua kali. 
Fakta: Tidak benar sekali sudah cukup asal kamu membilas dengan baik





0 Response to "Mitos dan Fakta Tentang Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel