Kota Penyelenggara Euro 2012: Donetsk

DONETSK, UKRAINA
Populasi: 975,959 jiwa
(Metro: 2,009,700)
Moto:
"Kesempatan dibuktikan melalui berkarya"
Stadion: Donbass Arena (52,518 bangku)
Klub Top: Shakhtar Donetsk, Metalurg Donetsk

Selamat Datang Euro 2012 di Donetsk

Kota ini menjadi markas Shakhtar Donetsk dan menjadi tempat penyelengaraan beberapa pertandingan penyisihan grup, perempat-final, dan semi-final. Banyak juga nuansa Britania Raya di sini karena Donetsk merupakan kota kembar Sheffield.

Sejarah

Jika ada sentuhan Wales di Donetsk, itu karena kota dibangun oleh Tom Hughes. Awalnya, kota ini diberi nama Yuzovka karena dalam bahasa Ukraina "Yuz" merupakan sebutan untuk Hughes.

Kota berubah nama pada 1921 ketika Komunis menguasainya dan menjadi Stalino, sesuai nama pemimpin Uni Soviet saat itu. Pada 1961, dengan gelombang de-Stalin-isasi, kota ini menggunakan nama Donetsk, sesuai dengan nama sungai Donets.



Terkenal Akan...

Baja. Dalam bahasa Rusia, Stalin juga berarti baja dan itulah yang dibawa Hughes (patungnya ditunjukkan melalui foto di bawah ini) beberapa tahun silam. Tidak heran kalau Donetsk menjalin kerja sama kota kembar dengan Sheffield, pusat baja Britania Raya.




Tempat Menginap
  • Donbass Hotel (kanan): Terletak dengan Donbass Arena yang akan menjadi pusat perhatian fans sepakbola musim panas nanti. Hotel bintang lima ini memiliki staf yang bisa bicara banyak bahasa, memberikan layanan sarapan, dan hampir semuanya yang diinginkan untuk menginap dengan nyaman di Donetsk.
  • Hotel Prague: Juga berada di pusat kota, tempat ini memiliki mini-bar di setiap kamar dan sebuah kasino di lantai bawah. Hanya memiliki 19 kamar, jadi melakukan booking jauh-jauh hari sangat disarankan.
  • John Hughes: Untuk mereka yang berhemat, bisa dicoba hotel dengan nama seperti sang pendiri kota. Sayangnya, hotel ini tidak memasang dekorasi ala Wales, tetapi memiliki fasilitas wi-fi.
Berkunjung
  • Sheffield Park: Diberi nama sesuai dengan kota kembar mereka, Sheffield Park merupakan area asri di pinggir Sungai Kalmius. Tempat ini begitu romantis, jadi jika Anda membawa pasangan, tempat ini menjadi yang harus dikunjungi ketika jenuh melanda.
  • Museum Kereta Api: Jika Anda menyukai kereta api, Anda akan menyenangi kunjungan ke tempat yang memiliki 25 unit tua dan langka ini. Koleksi tertua mereka adalah gerbong Jenderal Voroshilov yang berasal dari 1898. Selain itu memiliki 2.000 benda yang dipamerkan untuk memuaskan minat Anda.
  • Donbass Arena (kanan): Jelas, Anda akan menuju ke sini jika sedang berada di kota ini. Stadion selesai dibangun pada 2009 dan menghabiskan dana hingga $400 juta. Stadion ini juga memiliki taman rekreasi di sekelilingnya.
Tahukah Anda?

Arsitek Pavel Vigdergauz diberikan penghargaan dari pemerintah Uni Soviet karena merancang banyak bangunan di Donetsk pada 1978.

Figur Terkenal

Aktivis hak asasi manusia Natan Sharansky merupakan figur penting yang mewakili komunitas Yahudi Rusia. Sharansky pernah tidak diizinkan pergi ke Israel karena Soviet curiga dia akan menjual informasi penting dan kemudian memenjarakannya selama 13 tahun atas dugaan mata-mata Amerika Serikat. Lepas dari bui, Sharansky membentuk Forum Zionis dan menjadi anggota partai Ariel Sharon.

sumber

0 Response to "Kota Penyelenggara Euro 2012: Donetsk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel