Ketika Batik Mendunia




Sebut saja desainer asal Belgia, Dries Van Noten, yang memunculkan koleksi batik motif parang pada koleksi musim semi/panas 2010. Ia berhasil memadukan batik parang dengan item lain yang lebih modern. Batik mega mendung asal Cirebon pun dua kali diangkat oleh dua desainer yang berbeda. Pada 2009, desainer asal Australia, Nicole Miller, meluncurkan koleksinya yang kebanyakan berpotongan maxi dress.

Selain Miller, desainer Julien Macdonald mengangkat batik mega mendung dalam koleksi musim semi/panas 2012. Koleksinya sudah dipamerkan dalam gelaran London Fashion Week 2011, September 2011. Jika para desainer papan atas berlomba-lomba memakai batik sebagai koleksi mereka, selebritas papan atas pun tak lagi malu atau canggung mengenakan batik. Sebut saja aktris Rachel Bilson, Drew Barrymore, Lenka, Reese Witherspoon, Adele, hingga Jessica Alba.

Rachel Bilson
Pemilik nama Rachel Sarah Bilson ini ternyata sudah lama mengenakan baju batik. Aktris berusia 30 tahun tersebut pernah tertangkap kamera mengenakan gaun dari batik pada 5 Februari 2009. Seperti dilansir dari laman Just Jared, Bilson saat itu tengah berbelanja di Confederacy Boutique di Los Angeles. Saat itu, ia terlihat mengenakan gaun batik selutut. Sebagai luaran, ia menambahkan jaket hitam bergaya retro. Sepatu sol datar senada dengan warna bajunya juga mempermanis tampilannya. Tak lupa, tas Mata Hari dari Temperley London ia sematkan di pundaknya.

Drew Barrymore
Aktris berusia 37 tahun itu juga pernah tertangkap kamera mengenakan batik. Namun, bukan baju yang ia kenakan, melainkan sling bag. Saat itu, ia terlihat mengenakan kaus berwarna navy blue dengan celana panjang army, lengkap dengan sepatu kets. Foto yang beredar pada awal Juli 2009 tersebut diambil ketika Drew berada di sebuah desa di bagian barat New York. Seperti dikutip dari Just Jared, saat itu, dirinya tengah sibuk membuat fi lm bergenre komedi romantis berjudul Going the Distance yang digarap di Brooklyn, New York

Lenka
Saat pertama kali berkunjung ke Indonesia pada 9 Oktober 2009, penyanyi berkebangsaan Australia, Lenka, terlihat mengenakan baju dan selendang batik. Saat itu, penyanyi berusia 34 tahun tersebut sedang menghadiri acara musik indie di Hotel Mulia, Jakarta. Ia mengaku membeli selendang batik bekas dari seorang pramugari Indonesia. Walau bekas, ia mengaku sangat menyukainya. Di kesempatan lain, pada 5 Oktober 2011, ia kembali terlihat mengenakan batik saat acara jumpa pers menjelang konsernya di Gandaria City, Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Lenka yang saat itu tengah hamil mengaku sangat menyukai batik, dan ia sangat senang melihat orang-orang Indonesia banyak yang mengenakan batik. Menurut dia, batik sangat keren


Reese Witherspoon
Kali ini, giliran Reese Witherspoon yang tampil modis dengan gaun batik berwarna biru. Memadukannya bersama jaket denim, penampilannya terlihat klasik namun modern. Foto yang diambil pada Mei 2010 ini banyak menuai pujian dari pemerhati mode. Dengan memadankannya bersama topi, tas, dan sepatu dari kulit berwarna cokelat, penampilan Reese terlihat santai namun mewah. Gaun musim panas dari batik yang ia kenakan bahkan mendapat predikat hot dari laman Style.


Adele
Penyanyi yang namanya melejit lewat lagu berjudul Someone like You itu pernah terlihat mengenakan blus batik berwarna cokelat. Saat itu, penyanyi berusia 23 tahun tersebut sedang merayakan Tahun Baru 2012 bersama sang kekasih, Simon Konecki, di Taman Nasional Everglades, Florida. Foto yang diambil pada Senin (2/1) tersebut memperlihatkan Adele mengenakan blus batik cokelat yang dipadankan dengan legging hitam panjang. Melengkapi jalan-jalan santainya, ia mengenakan sepatu bersol datar warna hitam.


Jessica Alba
Bintang Fantastic Four itu juga pernah datang ke acara bergengsi dengan mengenakan batik lho! Pada acara 4th Annual Fashion Forward Luncheon yang diadakan oleh perusahaan mobil pada 13 November 2004 di Beverly Hills, California, Amerika Serikat, Jessica Alba datang mengenakan batik dengan motif parang rusak. Parang rusak adalah motif batik yang dibuat oleh Panembahan Senopati, pendiri Kerajaan Mataram. Saat tampil di red carpet tersebut, aktris berusia 30 tahun itu memadankan baju batiknya dengan sepatu boot warna hitam setinggi paha. Baju batik berpotongan v neck dengan aksen kupu-kupu dan lengan lebar itu berhasil membuatnya tampil cantik dan menawan.

sumber

2 Responses to "Ketika Batik Mendunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel